Panwascam Resmi Tetapkan 11 Orang Petugas Sebagai PKD se-Kecamatan Cikarang Utara untuk Awasi Pilkada 2024

Panwascam Resmi Tetapkan 11 Orang Petugas Sebagai PKD se-Kecamatan Cikarang Utara untuk Awasi Pilkada 2024

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Cikarang Utara resmi menetapkan 11 orang petugas sebagai Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Cikarang Utara untuk mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Cikarang Utara resmi menetapkan 11 orang petugas sebagai Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Cikarang Utara untuk mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. 

Jumlah PKD tersebut sesuai dengan jumlah desa/kelurahan di Kecamatan Cikarang Utara. Satu desa/kelurahan diisi satu PKD. Mereka memiliki tugas pokok mencegah pelanggaran dan mengawasi tahapan Pilkada 2024 di desa/kelurahan dimaksud.

Ketua Panwascam Cikarang Utara Yayat Rosidi menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya para petugas desa/kelurahan di 11 wilayah Kecamatan Cikarang Utara tersebut dan menekankan pentingnya memahami tugas, wewenang serta kewajiban sebagai PKD.

“Kami ucapkan selamat kepada pengawas Pemilu di 11 kelurahan/desa se-Kecamatan Cikarang Utara yang baru dilantik," kata Yayat Rosidi kepada Cikarang Ekspress pada Sabtu (01/06).

BACA JUGA:Klinik Gigi Dental District, Layanan Konsultasi Hingga Perawatan Terbaik, Hadir di Pollux Mall Cikarang

Yayat menuturkan, bahwa pemahaman aturan yang berlaku adalah Undang-undang dan Perbawaslu menjadi kunci utama bagi pengawas Pemilu.

"Kalian adalah ujung tombak dalam pengawasan. Untuk itu, apapun yang menjadi perintah dari Komisioner Panwascam wajib dilakukan. Selagi masih dalam aturan perundang-undangan yang berlaku," kata dia.

Selain itu, Yayat menjelaskan para jajarannya ini yakni Pengawas tingkat Kelurahan/Desa (PKD) itu mulai aktif bekerja sejak pelantikan hingga tahapan Pilkada 2024 selesai.

Setelah dilantik, lanjut Yayat, para anggota pengawas desa/kelurahan di Kecamatan Cikarang Utara diminta untuk segera berkoordinasi dengan kepala desa/lurah di wilayah kerja masing-masing.

BACA JUGA:Belasan Kios di Pasar Sukanagara Cianjur Ludes Dilahap Si Jago Merah, Kerugian Capai Rp2 Miliar

"PKD itu pekerja penuh waktu, jadi jika sewaktu-waktu ada tahapan pelaksanaan tahapan Pilkada, misalnya yang akan dimulai dalam waktu dekat seperti tahapan DP4, mereka PKD harus turut mengawasi itu," kata Yayat 

Para PKD juga dituntut memiliki tanggung jawab, jujur, dan adil. Selain itu mereka diminta untuk independen, berintegritas, dan netral. Mereka harus bekerja secara objektif, tidak berpihak kepada salah satu kelompok atau golongan partai.

Dengan begitu, kata Yayat, pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi mendatang akan berjalan demokratis. Para anggota panwaslu desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Cikarang Utara diyakini merupakan orang-orang terpilih yang telah diseleksi oleh Bawaslu Kabupaten Bekasi.

 "Pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi mendatang akan berjalan demokratis. Para anggota panwaslu desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Cikarang Utara merupakan orang-orang terpilih yang telah diseleksi Bawaslu Kabupaten Bekasi," ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: