Pemkab Bekasi Serahkan Dana Hibah Secara Keseluruhan ke Penyelenggara Pemilu

Pemkab Bekasi Serahkan Dana Hibah Secara Keseluruhan ke Penyelenggara Pemilu

Pemkab Bekasi Serahkan Dana Hibah Secara Keseluruhan ke Penyelenggara Pemilu--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah daerah Kabupaten Bekasi telah menyerahkan dana hibah secara keseluruhan kepada penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.  

Hal itu diungkapkan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menghadiri kegiatan KPU Kabupaten Bekasi saat peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bekasi di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi pada Minggu (02/06/2024).

"Tadi sebagaimana disampaikan oleh Komisioner KPU RI Idham Holik, Kabupaten Bekasi termasuk dari beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia yang sudah 100% menyalurkan dana hibah nya ke penyelenggara pemilu baik ke KPU dan Bawaslu," kata Dani Ramdan kepada Cikarang Ekspress.

Bahkan bukan hanya itu, kata Dani, hibah pengamanan baik bagi Polres dan Kodim juga telah tersalurkan kepada kedua instansi dimaksud. Tujuannya agar bisa digunakan lebih awal untuk persiapan yang lebih matang saat pelaksanaan Pilkada mendatang.

BACA JUGA:Warga Karawang Sergap Dua Orang yang Sedang Mengambil Sabu di Semak-semak

"Pengamanan ke Polres dan Kodim juga sudah kita salurkan dengan maksud agar dana yang sudah di keluarkan itu bisa digunakan lebih awal untuk persiapan yang lebih matang, baik untuk sosialisasi serta edukasi dan pada pelaksanaannya nanti," kata Dani.

Dengan demikian, Dani menegaskan pihaknya optimis dalam hal mensukseskan peserta demokrasi lokal lima tahun di Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan angka partisipasi 85 persen pada penyelenggaraan Pilkada mendatang. 

"Target tingkat partisipasi pemilih yang dicanangkan sesuai dari KPU RI 85 persen. Dan saya optimis penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi bisa tercapai sesuai target tersebut," ucap dia. 

Sementara itu, Komisioner KPU RI Idham Holik menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi karena telah menunjukan komitmennya untuk memajukan demokrasi di Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Tahapan Pilkada Kabupaten Bekasi Diluncurkan, Ali Rido: Pilkada Nanti Akan Menekankan Pilkada Cerdas-Berkelas

"Belum banyak Kabupaten, Kota di Indonesia yang sudah terpenuhi 100 persen. Dari 508 Kabupaten, Kota di Indonesia, Kabupaten Bekasi salah satu Kabupaten yang sudah memberikan dananya 100 persen," kata dia. 

Kendati begitu, Idham menekankan KPU Kabupaten Bekasi jangan hanya menggelar kegiatan sebatas seremonial. Melainkan harus melakukan kegiatan yang berdampak yakni dengan sosialiasi dan pendidikan pemilih serta aktifasi partisipasi masyarakat.

"Karena partisipasi adalah kunci dari suksesnya penyelenggaran Pilkada. Mudah-mudahan tahapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Bekasi tidak hanya sekedar berjalan lancar tetapi juga berkualitas," tandasnya. (Iky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: