10+ Cara Membuat Daging Empuk dan Lezat untuk Hidangan Hari Raya Idul Adha

10+ Cara Membuat Daging Empuk dan Lezat untuk Hidangan Hari Raya Idul Adha

10+ Cara Membuat Daging Empuk-(Pixabay/Waldrebell)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Daging merah seperti sapi dan kambing adalah bahan utama dalam berbagai masakan favorit di Hari Raya Idul Adha, seperti sate, rendang, dan gulai. Namun, mengolah daging agar menjadi empuk dan lezat tidak selalu mudah.

Berikut beberapa cara membuat daging empuk dan lezat untuk membantu kamu menyajikan masakan daging terbaik untuk keluarga tanpa memerlukan waktu yang lama, yuk Simak!

 

1. Taburkan Garam di Permukaan Daging

 

Garam dapat membantu memecah protein dalam daging sehingga membuatnya lebih empuk. Sebelum dimasak, taburkan garam secara merata di permukaan daging dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, bilas daging dengan air matang sebelum diolah.

 

2. Bungkus dengan Daun Pepaya

 

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat daging lebih empuk. Remas beberapa helai daun pepaya muda hingga getahnya keluar, kemudian gunakan untuk membungkus daging selama kurang lebih tiga jam. Pastikan setiap bagian daging terbungkus dengan baik, tetapi jangan terlalu lama agar getahnya tidak mempengaruhi rasa daging.

 

3. Baluri dengan Buah

 

Buah seperti nanas, pepaya, dan kiwi juga dapat digunakan untuk membuat daging empuk karena mengandung enzim nabati yang melarutkan jaringan ikat dan protein dalam daging. Haluskan buah tersebut dan baluri daging dengan bubur buah, kemudian diamkan selama satu jam sebelum dibilas dan dimasak.

 

4. Rendam dengan Baking Powder

 

Selain untuk mengembangkan kue, baking powder juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Rendam daging dalam campuran baking powder dan bumbu lainnya semalaman. Teknik ini cocok untuk masakan seperti sate atau daging lada hitam.

 

5. Gunakan Sari Santan

 

Tambahkan sari santan dari satu buah kelapa saat merebus daging. Sari santan tidak hanya membuat daging lebih empuk tetapi juga memberikan rasa yang lebih gurih.

 

6. Jeruk Nipis

 

Asam dari jeruk nipis dapat membantu mengempukkan daging, mirip dengan penggunaan jus buah. Lumuri daging dengan air jeruk nipis secara merata sebelum dimasak, kemudian biarkan sebentar, bilas, dan daging siap diolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: