Sudah 49 Hari Lamanya, Jembatan Cikarang EJIP-MM2100 Masih Ditutup Sejak Diresmikan 1 Mei 2024 Lalu

Sudah 49 Hari Lamanya, Jembatan Cikarang EJIP-MM2100 Masih Ditutup Sejak Diresmikan 1 Mei 2024 Lalu

Jembatan Cikarang di kawasan EJIP-MM2100 masih ditutup sejak diresmikan pada 1 Mei 2024, terhitung per 18 Juni sudah 49 hari lamanya jalur tersebut belum bisa di lintasi.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Jembatan Cikarang di kawasan EJIP-MM2100 masih ditutup sejak diresmikan pada 1 Mei 2024, terhitung per 18 Juni sudah 49 hari lamanya jalur tersebut belum bisa di lintasi.

Diketahui jembatan yang diresmikan Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin sebelumnya mangkrak hingga puluhan tahun, bahkan sempat dijadikan tempat nongkrong atau ngumpul warga setempat. 

Pada tahun 2023 jembatan tersebut berhasil dirampungkan, namun banyak orang yang mengira akan dibuka awal tahun 2024, nyatanya sejak diresmikan hingga kini belum bisa di lewati.

Terlihat dari unggahan yang dikutip Instagram @cikarang.people, di bagian kawasan Industri EJIP jembatan ini masih ditutup menggunakan pagar besi.  Sementara di bagian kawasan Industri MM2100 yang sebelumnya ditutup menggunakan pembatas beton sudah dipindahkan ke sisi jalan. 

BACA JUGA:Gerindra Kabupaten Bekasi Masih Lakukan Penjajakan ke Porpol Lainnya untuk Koalisi Pilkada 2024

Selain menjadi penghubung antar kawasan Industri, jembatan ini juga menjadi penghubung dua desa di Kabupaten  Bekasi, yaitu Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan dan Desa Jatiwangi, Kecamatan Cikarang Barat.

Sebelumnya diberitakan, Bertepatan dengan Hari Buruh (May Day), Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi meresmikan jembatan penghubung Kawasan Industri EJIP dan MM2100.  

Jembatan yang diberinama Jembatan Cikarang itu diyakini dapat mempermudah mobilitas warga, khususnya para buruh di kedua kawasan industri tersebut.

"Kami Pemprov Jabar meresmikan revitalisasi Jembatan Cikarang dan tentunya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama pekerja, rekan-rekan buruh di Kabupaten Bekasi dalam pergerakan. Kita apresiasi pada pekerja maupun buruh yang telah bekerja dengan baik, yang telah memberikan sumbangsihnya kepada ekonomi negara," kata Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin usai peresmian Jembatan Cikarang, Rabu (01/05).

BACA JUGA:Bantu Masyarakat Atasi Berbagai Masalah Kesehatan Mental, RS Izza Karawang Luncurkan Layanan Psikiatri

Sekadar informasi, Jembatan Cikarang yang menghubungkan dua kawasan industri tersebut terdiri dari dua jembatan. Jembatan I selesai dibangun dan telah diujicobakan sejak Agustus 2017 silam. Sedangkan Jembatan II baru rampung pada akhir Desember 2023 setelah bangunan “Omah Buruh” yang berdiri di atasnya direlokasi.

Bey memastikan saat ini kondisi kedua jembatan sudah dalam keadaan prima. Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan sejumlah assement terhadap struktur jembatan mengingat jembatan tersebut sudah dibangun sejak belasan tahun silam.

"Karena kan itu sudah lama tidak digunakan jadi artinya harus kita asessment dulu dengan  betul, kita perhitungkan kembali beberapa hal teknis ya jadi jangan sampai dibuka begitu saja karna sudah lama tidak digunakan," kata dia.

Kepala Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono kedua jembatan dengan panjang masing-masing 60 meter dan lebar 7 meter tersebut kini telah diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: