Baju Sekolah Cepat Kedil? Ternyata Ini 12 Faktor Penyebab Baju Seragam Cepat Lusuh

Baju Sekolah Cepat Kedil? Ternyata Ini 12 Faktor Penyebab Baju Seragam Cepat Lusuh

12 faktor penyebab seragam cepat lusuh--picture by news.okezone.com

Siapa di sini yang baju seragamnya cepat lusuh? Padahal kita sering membersihkannya dengan mencuci dan memberikan pengharum pakaian. 

Nah, perlu kamu ketahui bahwa perawatan pakaian tidak hanya sebatas dengan mencucinya saja. Akan tetapi, perlu diperhatikan dari segi yang lainnya. 

Terkadang dengan mencuci saja kita masih salah dalam melakukannya. Untuk itu, yuk kita cari tahu apa saja faktor yang membuat pakaian cepat dekil, kusam, dan lusuh pada artikel kali ini. 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seragam sekolah cepat lusuh. Mengetahui faktor-faktor ini dapat membantu mencegah dan merawat seragam agar tetap awet dan terlihat baru lebih lama. Berikut adalah beberapa faktor utama yang bisa menyebabkan seragam cepat lusuh:

1. Penggunaan Deterjen yang Tidak Tepat

Penggunaan deterjen yang terlalu keras atau mengandung bahan kimia berlebihan dapat merusak serat kain. Deterjen dengan enzim terlalu kuat bisa menyebabkan kain menjadi rapuh dan cepat rusak.

2. Mencuci dengan Air Panas

Air panas dapat menyebabkan penyusutan dan pelunturan warna. Serat kain juga bisa melemah jika sering dicuci dengan air panas.

3. Pengeringan di Mesin Pengering

Panas dari mesin pengering dapat menyebabkan kain menyusut dan melemahkan seratnya. Penggunaan mesin pengering secara berlebihan dapat memperpendek usia pakai seragam.

4. Cucian yang Tidak Dipisahkan

Mencuci seragam dengan pakaian lain, terutama yang berwarna gelap atau yang luntur, dapat menyebabkan seragam kehilangan kecerahan warnanya. Pencampuran kain yang berbeda juga bisa membuat seragam lebih cepat aus.

BACA JUGA:Inilah 10 Tips Merawat Seragam Sekolah yang Benar agar Tetap Awet

5. Pemakaian Pemutih yang Berlebihan

Pemutih yang terlalu sering digunakan atau dalam jumlah yang berlebihan dapat merusak serat kain dan membuatnya rapuh serta mudah robek.

6. Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung bisa memudarkan warna kain dan membuatnya menjadi kaku serta rapuh. Menjemur di tempat yang teduh lebih baik untuk menjaga kualitas kain.

7. Setrika dengan Suhu Terlalu Tinggi

Suhu setrika yang terlalu panas dapat membakar atau merusak serat kain. Hal ini bisa menyebabkan kain menjadi rapuh dan cepat lusuh.

8. Cara Penyimpanan yang Tidak Tepat

Menyimpan seragam di tempat yang lembap atau dalam kondisi terlipat bisa menyebabkan kerutan yang sulit dihilangkan dan memicu pertumbuhan jamur atau bau tidak sedap.

9. Frekuensi Pemakaian dan Pencucian

Seragam yang dipakai dan dicuci terlalu sering tentu akan lebih cepat lusuh dibandingkan dengan seragam yang penggunaannya lebih jarang. Penggunaan sehari-hari yang intens dapat menyebabkan keausan pada serat kain.

10. Kualitas Kain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: