Ajari Si Kecil Untuk Lebih Mencintai Lingkungan Dengan Hal Ini, Moms Wajib Tahu!

Ajari Si Kecil Untuk Lebih Mencintai Lingkungan Dengan Hal Ini, Moms Wajib Tahu!

Ajari Anak Untuk Lebih Mencintai Lingkungan Dengan Hal Ini, Moms Wajib Tahu!--By kompas.com

Memberikan pemahaman mengenai lingkungan kepada anak sangat penting lho moms untuk menumbuhkan kesadaran dan sikap peduli terhadap lingkungan sejak dini. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu moms untuk mengajarkan si kecil tentang lingkungan:

 

1. Contoh Nyata dalam Kehidupan Sehari-hari

 - Praktik Daur Ulang

Sampah memiliki jenis-jenisnya lho moms, jadi jika moms ingin membuang sampah tidak bisa asal membuangnya. Sampah ada yang berjenis organik, non organik, dan sampah yang berbahaya atau B3. Ajarkan anak cara untuk memilah sampah dan daur ulang barang-barang tertentu.

- Hemat Energi

Ajak anak untuk mematikan lampu dan perangkat elektronik yang tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu kita untuk menghemat energi di dalam rumah lho moms.

- Menghemat Air

Jelaskan pentingnya menghemat air dengan menunjukkan cara menutup keran dengan baik dan menggunakan air secukupnya. Moms dapat memberikan pengarahan kepada si kecil mengenai dampak jika kita sering menghamburkan air. 

 

2. Eksplorasi Alam

- Kunjungan ke Alam Terbuka

Jika moms dan keluarga sedang libur bekerja, maka tidak ada salahnya untuk mengajak si kecil berwisata ke alam. Ajak anak berjalan-jalan di taman, hutan, atau pantai untuk mengenalkan keindahan yang dimiliki oleh alam. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu yaitu dengan berkebun. Berkebun tidak perlu di lakukan di luar rumah atau di tempat yang jauh. Moms dapat mengajak si kecil untuk berkebun di belakang rumah atau di tempat yang tidak jauh dari rumah. Libatkan anak dalam aktivitas berkebun di halaman rumah atau di pot-pot tanaman. Jelaskan tentang proses pertumbuhan tanaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: