Bisa Sebabkan Kebotakan, Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Stres

Bisa Sebabkan Kebotakan, Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Stres

Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Stres-(Pixabay/lukasbieri)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Penyebab rambut rontok bukan hanya karena masalah kesehatan rambut, namun juga bisa terjadi karena stres.

Melansir All Things Hair, Menurut Senior R&D Manager Unilever Indonesia, Christina Yusuf, kesehatan kulit kepala juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan mental. Meski pada umumnya hal ini tidak terjadi secara mendadak, namun stres bisa menyebabkan rambut rontok.

Yuk ketahui cara mengatasi rambut rontok karena stres!

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Rambut Rontok Karena Stres, Ternyata Banyak Macamnya!

Cara mengatasi rambut rontok

Mengetahui akar masalah stres

Seperti ungkapan peribahasa, "pencabutan rumput hingga ke akarnya." Langkah awal dan paling utama yang bisa kamu lakukan agalah cari tahu sumber-sumber stres yang mungkin telah menumpuk dalam pikiran.

Dengan mencatat semua hal yang membuat pikiran penuh, kamu dapat mulai mengurai masalah dan menilai tingkat stresnya. Dari sini, kamu dapat menetapkan prioritas pada masalah-masalah yang perlu segera kamu atasi.

Jangan kasar saat menyisir

Untuk mengatasi rambut rontok selanjutnya, hindari menyisir secara kasar atau menariknya dengan keras saat rambut kusut. Alih-alih menyisir rambut dari akar, lebih baik sisir bagian tengah sampai ujungnya dengan lembut. Jika ada bagian yang kusut, lakukan penyisiran berulang kali sampai kusutnya hilang untuk mengurangi rambut rontok.

Pertimbangkan penggunaan sisir bergigi jarang, terutama jika kamu memiliki tipe rambut keriting atau tebal, sebagai cara untuk mengurangi risiko rambut rontok.

Gunakan shampoo anti rambut rontok

Untuk mengatasi rambut rontok karena stres, pertimbangkan untuk menggunakan shampoo yang dirancang khusus untuk memperkuat kulit kepala dan rambut.

Selain itu, perhatikan teknik mencuci rambut yang benar agar dapat membantu mengurangi rambut yang rontok. Kamu bisa ikuti panduan berikut ini:

1. Pastikan untuk selalu menggunakan air dengan suhu ruangan atau air dingin saat mencuci rambut. Hindari menggunakan air panas karena dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.

2. Ketika mencuci rambut, pijat kepala secara lembut. Ini bukan hanya membantu menghilangkan kotoran dan kelebihan minyak, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga penyerapan nutrisi dapat bekerja lebih baik.

3. Jika rambutmu cenderung berminyak, pertimbangkan untuk mencuci rambut dengan sampo dua kali. Hal ini sering kita kenal sebagai metode "double cleansing" untuk rambut.

4. Setelah mencuci rambut, hindari menggosok rambut dengan kasar. Sebaiknya, keringkan rambut dengan menepuk-nepuknya dengan handuk daripada menggeseknya. Gerakan menggosok dapat merusak batang rambut dan membuatnya menjadi lebih rapuh, sehingga berisiko patah.

BACA JUGA:Tips Menjaga Makeup Agar Tetap Awet, Dijamin Kamu Bakal Tampil Cantik Seharian saat Wisuda

Menggunakan masker rambut

Terdapat beragam bahan alami yang bisa kamu gunakan dalam perawatan untuk mengatasi rambut rontok akibat stres.

Bahan-bahan tersebut termasuk minyak zaitun, lidah buaya, santan kelapa, dan teh hijau. Masing-masing dari bahan alami ini mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat dalam mengatasi rambut rontok akibat stres.

- Minyak zaitun, dengan kandungan vitamin A, C, D, E, dan K, serta mineral seperti kalsium dan zat besi. bahan ini terkenal efektif dalam mengurangi kerontokan rambut.

- Gel lidah buaya sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk merangsang pertumbuhan akar rambut dan memperkuat rambut.

- Santan kelapa mengandung zink, kalium, fosfor, serta vitamin E dan B6, yang juga diyakini dapat mengurangi kerontokan rambut dan membuat rambut lebih halus.

- Teh hijau memiliki sifat merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat membantu mencegah rambut rontok.

Lakukan perawatan tambahan ini dua kali seminggu dengan mengaplikasikan bahan-bahan tersebut secara merata ke kulit kepala sambil memijat lembut.

Cukupi kebutuhan nutrisi

Pola makan memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rambut.

Idealnya, pola makan harian kamu seharusnya terdiri dari beberapa macronutrien esensial yang perlu kamu pastikan. Macronutrien ini meliputi karbohidrat, protein, dan lemak.

Pastikan kebutuhan nutrisi harian kamu terpenuhi agar dapat mengurangi rambut rontok.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengurangi rambut rontok.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: