Hindari Ini! Makanan Penyebab Penyakit Jantung, Tidak Hanya Fast Food

Hindari Ini! Makanan Penyebab Penyakit Jantung, Tidak Hanya Fast Food

Makanan Penyebab Penyakit Jantung-(Pixabay/cattalin)-

 

- Konsumsi sumber protein yang sehat

 

- Kurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat

 

Saat ini, banyak makanan olahan atau makanan cepat saji yang tidak baik untuk jantung. Namun, sebagian besar orang kurang memahaminya dan menganggap makanan olahan lebih praktis, padahal makanan ini cukup berisiko.

BACA JUGA:Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Nomor 7 Paling Mudah

 

Makanan Penyebab Penyakit Jantung

 

Mengurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

 

Apa saja makanan yang buruk untuk jantung? Menurut Healthline, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit jantung. Berikut adalah makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung:

 

1. Makanan Tinggi Garam dan Gula

 

Makanan tinggi garam, seperti keripik kentang dan makaroni gurih, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya, pilih makanan yang rendah garam.

 

Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula juga dapat memicu masalah kesehatan jantung. Makanan tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

 

2. Daging Merah

 

Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hindarilah daging merah seperti daging domba dan daging sapi. Konsumsi berlebihan daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol. Batasi porsinya dan pilih daging tanpa lemak jika diperlukan.

 

3. Daging Olahan

 

Daging olahan, seperti hot dog, sosis, dan produk daging cepat saji lainnya, sangat buruk bagi jantung. Daging olahan mengandung garam dan lemak jenuh yang tinggi, yang tidak baik untuk jantung.

 

Oleh karena itu, kurangi konsumsi daging olahan yang tinggi garam karena dapat meningkatkan tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

 

4. Makanan Tinggi Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: