Digelar di MAN 2 dan MI Al I'anah, 842 Siswa Madrasah Adu Kepintaran di Ajang KSM Karawang

Digelar di MAN 2 dan MI Al I'anah, 842 Siswa Madrasah Adu Kepintaran di Ajang KSM Karawang

KSM tingkat Kabupaten Karawang digelar di MI Al I'anah dan MAN 2 Karawang, 1-3 Juli 2024. Event berjenjang hingga ke tingkat nasional ini diikuti sebanyak 842 siswa yang berasal dari MI, MTs dan MA. --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebanyak 842 siswa madrasah beradu kepintaran dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Karawang yang digelar di MI Al I'anah dan MAN 2 Karawang, 1-3 Juli 2024.

Ketua Panitia KSM Karawang, Muhamim Sarifulloh mengatakan, 842 siswa yang berkompetisi berasal dari tiga jenjang yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

"Jumlah peserta jenjang MI sebanyak 456, peserta jenjang MTs 231 dan peserta jenjang MA 155. Mereka bersaing dalam kategori individu dan beregu," ujar Muhamim, kepada KBE, di sela jalannya kompetisi, Senin (1/7).

KSM jenjang MA, jelas Muhamim, menjadi pembuka yang berlangsung di MAN 2 Karawang, Senin (1/7). Dilanjutkan jenjang MTs di lokasi yang sama pada Selasa (2/7). Kemudian ditutup jenjang MI di MI Al I'anah, Rabu (3/7).

BACA JUGA:Implementasi Recollection dalam Pembelajaran PAUD Berdasar Perspektif Filsafat Plato

"Jenjang MA mempertandingkan enam mapel yaitu matematika, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan geografi terintegrasi. Jenjang MTs tiga mapel yakni matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi dan IPS terpadu terintegrasi. Sedangkan jenjang MI ada mapel IPA terintegrasi dan matematika terintegrasi," jelas Muhamim yang menjabat juga Kepala MAN 4 Karawang.

"Selain mendapatkan piala dan sertifikat yang diperuntukkan bagi juara satu hingga tiga, khusus peraih juara pertama berhak mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Kami berharap di akhir kompetisi nanti akan lahir siswa-siswi terbaik di setiap jenjang yang nantinya bisa diandalkan Karawang bersaing di tingkat provinsi dan nasional. Terlebih, perwakilan Karawang terakhir kali mampu menembus nasional pada 2017," tutup Muhamim.

D tempat yang sama, Kepala MAN 2 Karawang, Ahmad Dimyati mengaku bangga madrasah yang dipimpinnya kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan KSM tingkat kabupaten. 

"Ini adalah kehormatan bagi madrasah kami. Semoga posisi tuan rumah ini mampu dimaksimalkan anak-anak untuk mendapatkan hasil terbaik yaitu menjadi juara dan melaju ke tingkat selanjutnya. Apalagi siswa-siswi kami telah dipersiapkan secara maksimal dengan mengikuti berbagai pelatihan dan bimbingan dari guru mapel," ucap Dimyati.

Dihubungi terpisah, Kepala MTsN 2 Karawang, Suparwoto menegaskan kesiapan siswa-siswi madrasahnya untuk bersaing dan merebut juara KSM tingkat Kabupaten Karawang. Hal itu tak lepas dari persiapan yang telah dilakukan sejak 2023 dengan diawali seleksi dan pembinaan.

BACA JUGA:Bupati Aep Minta Semua Korban Kecelakaan Kerja PT MPS di Rengasdengklok Segera Dilakukan Autopsi

"Kami berharap enam siswa yang dikirimkan untuk bersaing dalam kategori individu dan beregu dapat berkompetisi dengan baik dan maksimal, sehingga mereka mampu mengharumkan nama MTsN 2 Karawang hingga ke tingkat provinsi dan nasional," harap Suparwoto. (ayi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: