Plong! Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi di Rumah

Plong! Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi di Rumah

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi-(Pixabay/PublicDomainPictures)-

 

   - Tepuk lembut bagian samping dada bayi.

 

Tindakan ini dapat membantu bayi untuk mengeluarkan dahak yang terakumulasi dalam tubuhnya.

 

Penting untuk menjaga kehati-hatian saat melakukan semua cara ini, terutama dalam meletakkan baskom uap agar tidak mudah dijangkau bayi. Metode-metode ini dapat efektif dilakukan di rumah untuk membantu mengatasi masalah dahak pada bayi.

BACA JUGA:Menyusu pada Malam hari dapat Merusak Gigi Anak, Simak Penjelasannya Moms!

 

Menggunakan Daun Sirih

 

Penelitian dari Jurnal Farmasi dan Fitokimia menunjukkan bahwa daun sirih efektif untuk secara alami mengencerkan dahak pada bayi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimilikinya terbukti ampuh mengatasi batuk berdahak pada bayi.

 

Untuk menggunakan daun sirih dalam meredakan dahak pada bayi, pertama-tama bersihkan daun tersebut dengan baik dan panaskan sebelum digunakan.

 

Setelah daun sirih hangat, tempelkan pada dada dan punggung bayi. Hangatnya daun sirih membantu mengencerkan dahak dan memudahkan bayi untuk mengeluarkannya melalui tinja.

 

Menghangatkan Tubuh Bayi

 

Metode lain untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menjaga tubuhnya tetap hangat. Dahak yang kental di saluran pernapasan dapat membuat bayi merasa gelisah, terutama saat tidur atau makan. Akumulasi dahak di tenggorokan juga bisa membuat bayi merasa tidak nyaman saat makan.

 

Panas alami yang dihasilkan tubuh bayi membantu mengencerkan dahak dan membuangnya. Moms bisa mencoba untuk mengenakan pakaian hangat pada bayi atau mengoleskan minyak bayi khusus untuk meningkatkan efektivitas mengeluarkan dahak.

 

Selain itu, menjaga ruangan tetap hangat, bersih, dan bebas debu juga penting untuk mencegah penumpukan dahak.

 

Mengubah Posisi Tidur

 

Cara lain yang bisa dicoba untuk membantu mengurangi dahak pada bayi adalah dengan mengubah posisi tidurnya. Jika biasanya kepala bayi sejajar dengan tubuh saat tidur, Moms bisa memberikan bantal kecil di bawah kepalanya untuk sedikit meninggikan posisi kepala.

 

Posisi tidur yang diubah ini membantu mengatasi sumbatan hidung dan memudahkan bayi untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernapasannya. Selain itu, posisi tengkurap saat tidur juga bisa membantu dalam proses mengeluarkan dahak, asalkan tidak menghalangi saluran napas bayi.

 

Metode-metode ini memberikan cara praktis bagi Moms untuk membantu bayi mengatasi dan mengeluarkan dahak dengan efektif.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: