10 Rekomendasi Kegiatan di Tanggal Satu Suro yang Bisa Kamu Lakukan!

10 Rekomendasi Kegiatan di Tanggal Satu Suro yang Bisa Kamu Lakukan!

Rekomendasi Kegiatan di Tanggal Satu Suro yang Bisa Kamu Lakukan!--WeddingMarket

 

Tahun baru Islam tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan umat Muslim di dunia. Banyak sekali amalan-amalan yang memiliki pahala yang luar biasa. Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu kalian menjalani hari-hari di bulan Suro ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan pada tanggal satu Suro, yang menggabungkan aspek tradisi dan spiritualitas:

 

Rekomendasi Kegiatan Positif Bulan Suro

1. Doa dan Zikir Bersama: Mengadakan doa bersama keluarga, teman, atau komunitas untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT bisa menjadi kegiatan yang kalian lakukan di satu suro. Zikir bersama juga bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

2. Selamatan: Rekomendasi kegiatan yang kedua yaitu mengadakan acara selamatan dengan berbagi makanan dengan tetangga dan keluarga. Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dan memohon keselamatan atas segala rezeki baik harta maupun kesehatan kepada Allah SWT.

3. Tirakatan: Kegiatan selanjutnya yaitu tirakan, yang mana yaitu menjaga sepanjang malam dengan berdoa, merenung, atau membaca kitab suci. Tirakatan juga bisa diisi dengan diskusi tentang nilai-nilai kehidupan dan ajaran agama.

4. Mandi Suro: Mandi atau berendam di mata air, sungai, atau laut sebagai simbol pembersihan diri secara fisik dan spiritual. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama keluarga atau komunitas.

 

Baca juga: Mitos-Mitos di Tanggal Satu Suro, Ada Yang Kamu Percaya?

 

5. Mengunjungi Makam Leluhur: Mengunjungi makam leluhur yaitu untuk membersihkan makam dan berdoa memohon ampunan untuk orang yang ada di dalam kubur tersebut. Ini merupakan cara untuk menghormati dan mendoakan arwah leluhur.

6. Kirab Pusaka: Mengikuti atau menonton Kirab pusaka yang diadakan oleh kerajaan atau komunitas adat setempat. Kirab ini biasanya diisi dengan arak-arakan benda-benda pusaka yang dianggap memiliki nilai sejarah dan spiritual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: