Dinkes Karawang Gelar Operasi Katarak Gratis Selama Juni-Oktober 2024

Dinkes Karawang Gelar Operasi Katarak Gratis Selama Juni-Oktober 2024

Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan menggelar Operasi Katarak Gratis selama Juni-Oktober 2024 untuk 400 orang yang lolos screening.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan menggelar Operasi Katarak Gratis selama Juni-Oktober 2024 untuk 400 orang yang lolos screening.

Pendaftaran dan screening dapat dilakukan langsung di 50 Puskesmas. Sedangkan pelaksanaan dilakukan pada Senin/Rabu/Jumat di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek Jalan Ir. H. Juanda No 10 Sarimulya Kecamatan Kotabaru.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Karawang, Yayuk Sri Rahayu menyampaikan, berdasarkan data SIRS 2023, bahwa jumlah kasus penyakit mata tertinggi di Indonesia 2018-2022 adalah katarak dan gangguan lensa lainnya serta gangguan refraksi dan akomodasi.

"Selain itu, dampak ekonomi akibat katarak, bahwa katarak yg tidak dioperasi berkontribusi terhadap beban ekonomi," ujar Yayuk, kepada karawangbekasi.disway.id, Rabu, 3/7/2024.

BACA JUGA:Pasca Tewasnya 4 Pekerja PT MPS di Dalam Tong, Polisi Periksa Sejumlah Saksi dan Lakukan Penyelidikan

Ia memaparkan, hasil riset menunjukkan katarak yang dioperasi pada satu mata akan meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat, sedangkan operasi katarak pada kedua mata dapat meningkatkan produktivitas hingga lima kali lipat.

"Tujuannya itu untuk meningkatkan derajat kesehatan penglihatan masyarakat dan menurunkan angka disabilitas," kata Yayuk.

Yayuk menjelaskan, sasaran Operasi Katarak Gratis ini ditujukan kepada semua masyarakat Karawang, terutama yang kurang mampu/belum mempunyai pembiayaan/ asuransi/ BPJS.

"Kami menyediakan kuota sebanyak 400 orang, dan akan diberikan kepada masyarakat yang lolos screening. Masyarakat bisa mendaftar dan melakukan screening di Puskesmas terdekat, kami akan buka setiap hari, mulai Juni sampai Oktober 2024," terang Yayuk.

BACA JUGA:Usir Hama, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Anggarkan 20 Rubuha

Ia menuturkan, nantinya masyarakat yang telah lolos screening akan diberikan rujukan dan akan mendapatkan pendampingan oleh Petugas Puskesmas. 

"Jika terdiagnosis katarak, maka akan dirujuk ke BKMM Cikampek untuk dilakukan operasi. Pasien yang sudah dirujuk nanti akan didampingi oleh Petugas Puskesmas," pungkas Yayuk.

Ia menjelaskan, sampai saat ini sudah dilakukan operasi katarak sebanyak 25 orang yang berasal dari Puskesmas Cikampek, Loji, Telukjambe, dan Rengasdengklok.

BACA JUGA:Mantan Sekda Karawang Acep Jamhuri Dipastikan Ikuti Fit and Proper Test Jum'at Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: