Berantas Peredaran Rokok Ilegal di Karawang, Satpol PP Gelar Sosialisasi UU DBH-CHT

Berantas Peredaran Rokok Ilegal di Karawang, Satpol PP Gelar Sosialisasi UU DBH-CHT

Satpol PP Kabupaten Karawang gelar Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Karawang TA 2024 mengenai aturan cukai hasil tembakau dan Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT).--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Satpol PP Kabupaten Karawang gelar Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Karawang TA 2024 mengenai aturan cukai hasil tembakau dan Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). Acara dihelat di Front One Akshaya Hotel Jumat 12 Juli 2024.

Sosialisasi dilakukan untuk menutup ruang gerak peredaran rokok ilegal di wilayahnya. Acara diikuti oleh para Sekretaris desa dan Sekretaris Kelurahan se-Kabupaten Karawang.

Plt Kabid PPUD Satpol PP Karawang, Adi Firmansyah mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memberikan bekal wawasan dan pengetahuan terkait Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Karawang TA 2024.

"Harapannya, personil di lapangan terbekali untuk kemudian bisa melaksanakan apa yang tertuang dalam aruran tersebut," kata Adi Firmansyah.

BACA JUGA:Punya Basis Massa Kuat, Pasangan 'ADE-BERBUDI' Bisa Jadi Kenyataan

"Ini merupakan Program Kegiatan Satpol PP Karawang tahun 2024. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah adanya partisipasi aktif dari para peserta," ucap Adi.

Para peserta, kata Adi, diharapkan bisa memahami apa yang terkandung dalam Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Karawang TA 2024, untuk selanjutnya diimplementasikan.

Ia memaparkan, rokok ilegal adalah rokok yang beredar di masyarakat namun tidak memenuhi kewajiban sebagai barang kena cukai berupa pembayaran cukai yang ditandai dengan pita cukai.

"Pengedar atau penjual rokok ilegal termasuk melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi sebagai pelanggaran pidana. Sanksi untuk pelanggaran tersebut mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai," tegas Adi.

BACA JUGA:Pilkada Kabupaten Bekasi Menghangat, Para Kandidat Cabup-Cawabup Perang Baliho

Acara berlangsung lancar. Semua pemerintahan desa dan kelurahan di Kabupaten Karawang mengirimkan perwakilannya, untuk mengikuti acara tersebut. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: