Ragam Jenis Jeruk Dari yang Rasanya Asam Sampai Pahit, Ada Jeruk Darah!

Ragam Jenis Jeruk Dari yang Rasanya Asam Sampai Pahit, Ada Jeruk Darah!

Jeruk darah--

Punya nama yang sangat unik, jeruk ini punya citarasa yang sangat manis, rasa manisnya bahkan tiga kali lebih manis dari buah jeruk pada umumnya. Bila jeruk Valencia punya tekstur daging yang vendrung berair, jeruk cara justru punya kadar air yang sangat rendah dengan cita rasa manis yang sangat segar. Tidak aneh jika buah cara sering diolah menjadi camilan manis, dibuat jus, kue dan dikonsumsi langsung. Jeruk cara punya biji buah yang cenderung sedikit. 

Daging buah dari Jeruk cara cenderung berwarna merah kegelapan dengan sedikit biji. Warna merah jeruk cara disebabkan oleh pigmen karotenoid alami di dalam daging jeruk. Awalnya, jeruk ini merupakan hasil persilangan antara jeruk berdarah dan jeruk Navel, menghasilkan rasa manis yang kompleks. Jeruk ini berasal dari Venezuela, namun kini bisa tumbuh di sebagian besar wilayah California dari bulan Desember hingga April.

BACA JUGA:7 Manfaat Jeruk Purut yang Luar Biasa, Melindungi Jantung Hingga Menjaga Kesehatan Kulit

3. Jeruk Valencia 


Jeruk Valencia--

Jika kamu ingin menikmati jus jeruk yang segar, pilihlah jeruk Valencia. Jeruk ini memiliki kulit yang tipis dan daging yang berair. Tekstur jeruk yang seperti ini mampu memberikan cita rasa manis yang menyegarkan, jadi pilihan yang cocok jika diolah menjadi jus. Selain diolah menjadi jus, jeruk Valencia juga enak saat dimakan langsung, asalkan berhati-hati dengan bijinya. 

Meskipun namanya berasal dari Spanyol, jeruk ini sebenarnya ditemukan di California pada pertengahan tahun 1800-an dan juga tumbuh di Florida. Berbeda dengan varietas populer lainnya, jeruk Valencia dipanen pada musim panas, sekitar bulan Maret hingga bulan Juli, dan cocok untuk jus, camilan, atau salad buah.

 

4. Jeruk Darah (Blood Orange

Jeruk darah, apakah warna kulitnya berwarna merah merah darah? Atau bau jeruknya seprti bau anyir darah? Jeruk darah memang benar ada, tapi bukan warna kulit atau baunya seperti darah. Melainkan daginya berwarna merah gelap seperti darah. Jeruk ini sangat cocok untuk hidangan penutup musim liburan. Rasanya sedikit asam dengan citarasa manis yang menyegarkan, seperti perpaduan antara jeruk asam dan rasberry matang. 

Jeruk darah punya tiga jenis. Yaitu, Sanguinello, Moro, dan Tarocco, yang masing-masing memiliki rasa yang seimbang antara rasa asam dan manis. Jeruk darah cocok untuk dijadikan saus, selai, jus, atau dimakan langsung. Di negara subtropis, jeruk darah biasanya tersedia pada akhir musim gugur hingga musim dingin, sekitar bulan November hingga Maret.

 BACA JUGA:Aneka Jenis Jeruk Manis dari Seluruh Dunia, Ada Jeruk Siam sampai Tangalo

5. Jeruk Seville 


Jeruk Seville--

Buah Mediterania yang satu ini tergolong menjadi salah satu buah yang asam. Jeruk Seville disebut sebagai jeruk asam karena rasanya cendrung asam dan pahit ketimbang rasa manis. Rasa manis dari Jeruk Seville sangat cocok jika diolah menjadi selai jeruk karena Tingkat keasamannya mampu menyeimbangkan banyaknya gula yang ditambahkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: