Ragam Jenis Jeruk Favorit Warga +62, Dari Jeruk Limau Sampai Jeruk Mandarin

Ragam Jenis Jeruk Favorit Warga +62, Dari Jeruk Limau Sampai Jeruk Mandarin

Ragam Jenis Jeruk--


Jeruk nipis --

Kecil kecil cabai rawit, mungkin itu istilah yang tepat untuk menggambarkan jenis jeruk yang satu ini. Punya ukuran yang kecil jeruk ini punya Tingkat keasaman yang sangat tinggi. Jeruk nipis berwarna hijau kekuningan atau kehijauan, dengan bentuk bulat atau lonjong dan ujung yang meruncing. Kulitnya agak tebal, tapi daging buahnya tebal dan tidak berserat. 

Umumnya jeruk nipis diolah sebagai campuran bahan masakan untuk memberikan citarasa alami dari buah. Selain menjadi bumbu masakan jeruk nipis juga segar dikonsumsi menjadiminuman ataupun sebagai obat batuk dan gangguan pencernaan laiinya. Cara menjadikan jeruk nipis menjadi obat sangat mudah, kamu bisa memeras jeruk nipis sebanyak satu sendok makan, lalu mencampurkannya dengkan sedikit larutan kecap, lalu minum begitu saja. Cara ini sering digunakan para ibu sebagai obat batuk alami untuk diberikan pada anak. 

3. Jeruk Kumquat/Nagami 

Tidak berbentuk bulat melainkan lonjong, nagami punya bentuk yang unik dari jenis buah jeruk lainnya. Jeruk dengan nama latin Citrus Japonica punya ukuran bentuk yang kecil, berwarna orange dan berbentuk lonjong layaknnya blimbing sayur. Memiliki buah yang cenderung kecil, pohon dari jeruk nagami tumbuh lebih pendek dari pohon jeruk lainnya, tinggi hanya mencapai 5-15m saja. 

BACA JUGA:Ragam Jenis Jeruk Dari yang Rasanya Asam Sampai Pahit, Ada Jeruk Darah!

Meski berukuran kecil, buah nagami punya citarasa yang manis dan menyegarkan. Jeruk ini cocok diolah menjadi berbagai masakan asin maupun manis seperti Asinan ataupun manisan. Meski tumbuh subud di Indonesia, jeruk Nagami pertama kali ditemukan di Negara Jepang. Selain diolah menjadi masakan, di Indonesia jeruk nagami sering digunakan sebagai hiasan rumah karena memiliki bentuk yang unik. 

4. Satsuma Mandarin/Jeruk Mikam 


Jeruk Mandarin--

Mungkin kamu akan sedikit asing dengan buah yang satu ini, Satsuma Mandarin atau jeruk Mikam. Berbentuk bulat dengan kulit kuning kehijauan, jeruk Mikam sangat mirip dengan jeruk Mandarin. Bedanya, Jeruk mandarin memiliki biji sedangkan Mikam tidak memiliki biji. Berasal dari negeri Jepang Jeruk Mikam jeruk mikam tidak memiliki serat pada daging buah, kulit jeruk bertekstur dan punya pori pori yang cukup lebar. 

5. Jeruk Purut 

Bertubuh kecil dengan tektur keriput, siapa lagi kalau bukan jeruk purut. Tidak dikonsumsi langsung, di Indonesia Jeruk purut sering digunakan sebagai bumbu masakan ataupun campuran sambal. Jeruk purut memberikan rasa asam yang menyegarkan, bikin sambal mu makin sedep dan makin enak. Daging buahnya tipis dan rasanya sangat asam, dengan banyak biji di dalamnya. Jika kamu akan mengolah jeruk ini, ada baiknya kamu untuk memperhatikan setiap biji yang keluar saat diperas karena ukuran biji yang snagat kecil. 

 

6. Jeruk Limau 


Jeruk Limau--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: