Tips Memilih Kosan Bagi Mahasiswa Baru, Dijamin Bisa Nyaman Selama di Perantauan

Tips Memilih Kosan Bagi Mahasiswa Baru, Dijamin Bisa Nyaman Selama di Perantauan

Tips memilih kosan bagi mahasiswa baru--picture by www.zonahalal.id

Artikel ini akan membahas seputar tips memilih kos untuk mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan semester ganjil tahun ini. Untuk mahasiswa baru dari luar kota atau perantauan, pastinya sangat membutuhkan kamar kos untuk tempat tinggal selama menjalani masa perkuliahan. 

Tempat kos yang aman, bersih, dan pastinya murah menjadi incaran semua orang. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan kita selama merantau. Penasaran kan bagaaimana  tips memilih kosan untuk mahasiswa baru? Yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini, 

Kos atau indekos adalah sebuah jasa yang menawarkan sebuah kamar atau tempat untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu, umumnya pembayaran per bulan. Kata ini diserap dari frasa bahasa Belanda "in de kost". Definisi "in de kost" sebenarnya adalah "makan di dalam", tetapi dapat pula berarti "tinggal dan ikut makan" di dalam rumah tempat menumpang tinggal.

BACA JUGA:Jalankan UU HKPD, Tahun Ini Bapenda Karawang bebaskan Pajak Rumah Kos-kosan

Pada zaman kolonial Belanda di Indonesia, "in de kost" adalah sebuah gaya hidup yang cukup populer di kalangan menengah ke atas untuk kaum pribumi, terutama sebagian kalangan yang mengagung-agungkan budaya barat/Eropa khususnya adat Belanda, dengan trend ini mereka berharap banyak agar anaknya dapat bersikap dan berprilaku layaknya bangsa Belanda atau Eropa yang dirasa lebih terhormat saat itu.

Saat memilih kosan untuk mahasiswa baru, ada beberapa tips yang dapat membantu dalam menentukan pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

1. Tentukan Bujet Terlebih Dahulu

Menetapkan bujet untuk kosan adalah langkah pertama yang penting. Sesuaikan bujet dengan kemampuan finansial dan gunakan bujet tersebut sebagai panduan untuk mencari kosan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

2. Perhatikan Keamanan Lingkungan

Pastikan untuk mencari tahu tingkat keamanan lingkungan sekitar kosan yang diinginkan. Lingkungan yang aman akan memberikan rasa nyaman dan ketenangan bagi mahasiswa.

BACA JUGA:Berapa Sih Biaya Hidup dan Kisaran Harga Kos-kosan di Bekasi? Simak!

3. Perhatikan Lokasi

Lokasi kosan juga merupakan hal penting. Jika tidak memiliki kendaraan, disarankan untuk memilih kosan yang dekat dari kampus. Hal ini dapat menghemat waktu dan ongkos, serta memudahkan akses ke kampus.

4. Perhatikan Fasilitas dan Kualitas Kamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: