Cetak Sejarah Baru, Gregoria Mariska Tanjung Lolos ke Semifinal Bulutangkis Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah Baru, Gregoria Mariska Tanjung Lolos ke Semifinal Bulutangkis Olimpiade Paris 2024

Gregoria Mariska Tunjung lolos ke semifinal Olimpiade Paris 2024-(Foto: NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as Via kemenpora.go.id)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Atlet bulutangkis Indonesia Gregoria Mariska Tanjung atau kerap disapa Jorji mencetak sejarah baru di Olimpiade Paris 2024.

Gregoria Mariska Tunjung lolos ke semifinal Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Ratchanok Intanon dari Thailand dalam dua gim langsung. Pertandingan perempatfinal tunggal putri berlangsung di Porte de La Chapelle Arena, Paris, pada Sabtu (3/8/2024) sore WIB, di mana Gregoria menang dengan skor 25-23 dan 21-9.

Pada gim pertama, pertandingan berjalan sengit dengan kedua pemain saling mengejar poin. Gregoria sempat unggul 7-5, namun Intanon menyamakan kedudukan menjadi 8-8 dengan penempatan bola yang akurat. Gregoria unggul tipis 11-10 saat interval berkat smes menyilangnya.

Intanon beberapa kali menghasilkan poin dengan serangan ke arah forehand Gregoria. Setelah skor ketat hingga 15-15, Gregoria tertinggal 15-18 setelah smesnya menyangkut di net. Namun, Gregoria berhasil membalikkan keadaan dan mencapai game point terlebih dahulu di kedudukan 20-19.

Intanon memaksakan adu setting, tetapi Gregoria memenangkan gim pertama 25-23 setelah smes menyilang Intanon melebar.

BACA JUGA:Dukung Atlet, Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024

Pada gim kedua, Gregoria dan Intanon kembali terlibat duel sengit. Gregoria meraih poin beruntun untuk memimpin 11-6 saat interval. Penempatan bola dan serangan Gregoria seringkali mengecoh dan mematikan bagi Intanon. Dengan smes menyilang, Gregoria memperlebar keunggulan menjadi 14-6.

Gregoria terus melaju hingga unggul 19-6 dan akhirnya mengunci kemenangan 21-9 di gim kedua, memastikan tiket semifinal.

Di semifinal Olimpiade 2024, Gregoria akan menghadapi unggulan pertama, An Se Young, yang melaju ke babak empat besar setelah mengalahkan Akane Yamaguchi.

Gregoria menjadi tunggal putri keempat yang mewakili Indonesia di semifinal bulu tangkis Olimpiade setelah Maria Kristin pada 2008, Mia Audina (1996), dan Susy Susanti yang meraih medali emas pada 1992 dan perunggu pada 1996.

BACA JUGA:Transaksi di TPU, Bandar Narkoba Diringkus, BB 9 Kg Ganja dan 241 Sabu Diamankan

Kemenangan ini merupakan yang kedua berturut-turut bagi Gregoria atas Ratchanok setelah pertemuan terakhir mereka di perempat final Thomas & Uber Cup 2024. Di semifinal, Gregoria akan menghadapi tunggal putri nomor satu dunia dari Korea Selatan, An Se Young, yang baru saja menang 15-21, 21-17, 21-8 atas wakil Jepang Akane Yamaguchi.

Gregoria menjadi satu-satunya wakil bulu tangkis Indonesia yang tersisa di Olimpiade Paris 2024.

Indonesia mengirim enam wakil di Paris 2024, yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: