Lakukan Cara Ini Untuk Menghilangkan Efek Mabuk Dengan Mudah dan Cepat!

Lakukan Cara Ini Untuk Menghilangkan Efek Mabuk Dengan Mudah dan Cepat!

Tips Meredakan Mabuk--

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mabuk jadi kondisi yang sulit diabaikan oleh sebagian orang. Mabuk bisa membuatmu lupa kesadaran bahkan hilang ingatan untuk sementara. Untuk itu, kamu harus menghilangkan efek mabuk setelah mengkonsumsi alcohol sesegara mungkin, untuk mencegah hal buruk terjadi padamu.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan mabuk dengan benar dan efektif? Salah satu efek yang sering ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman beralkohol adalah pusing dan mual. Jika pengaruh mabuk sangat sulit dihilangkan dan menggangu aktifitas, cobalah beberapa cara ini untuk meredakannya.

BACA JUGA:10 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Minum Jeruk Nipis, Bisa Turunin Koelstrol!

Setelah pesta atau minum alkohol berlebihan, keesokan harinya kamu mungkin mengalami hangover, yang dapat membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mabuk alcohol secara aman dan ampuh.

Kondisi Umum yang terjadi Saat Mabuk Alkohol

Hangover biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. Gejala hangover umumnya meliputi diare, kelelahan, sakit kepala, mual, dan gemetar. Selain itu, beberapa orang mungkin merasa sensitif terhadap cahaya, mengalami vertigo, detak jantung cepat, atau keringat berlebih. Tekanan darah juga bisa meningkat lebih tinggi dari biasanya.

Apa yang Menyebabkan Hangover

Penyebab hangover bervariasi, tetapi salah satu faktornya adalah metabolisme alkohol dalam tubuh menjadi asetaldehida, yang dapat bersifat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas otak saat tidur, mengacaukan hormon tubuh, dan mempengaruhi jam biologis, mirip dengan jet lag dan bisa memicu migrain. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hangover keesokan paginya.Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol

Bagaimana Cara Menghilangkan Hangover?

Berikut beragam cara menghilangkan mabuk alkohol yang bisa kamu lakukan.

1.  Banyak Minum Air Putih

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak banyaknya. Kenapa car aini dilakukan? Alkohol dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dengan menghambat pelepasan vasopresin, hormon yang biasanya mengurangi volume urine yang dihasilkan ginjal.

BACA JUGA:7 Manfaat Air Rebusan Nanas Bagi Kesehatan Lansia, Bisa Cegah Gejala Osteoporosis

Jika mengalami gejala seperti diare, berkeringat, atau muntah, risiko dehidrasi meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk banyak minum air putih untuk mengatasi mabuk alkohol, memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan membantu menetralkan efek alkohol.

2. Mengonsumsi Sumber Karbohidrat

Cara selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat. Konsumsi alkohol dapat menurunkan kadar gula darah, yang mungkin menyebabkan rasa lelah, lemas, dan sakit kepala karena otak kekurangan bahan bakar.

Kadang-kadang, perasaan kembung setelah minum alkohol bisa membuat seseorang enggan makan, tapi cara ini justru semakin menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk mengatasi ini, konsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti, atau ubi panggang keesokan harinya untuk mengembalikan kadar gula darah.

3. Minum Kopi atau Teh

Meskipun kafein dalam kopi dan teh tidak secara langsung mengatasi mabuk, sebagai stimulan, kafein dapat membantu mengurangi rasa cemas dan meningkatkan semangat. Segera minum kopi atau teh hangat di pagi hari, bersamaan dengan air putih, bisa menjadi cara yang cukup efektif mengatasi mabuk alkohol.

4.  Minum Obat Pereda Nyeri

Jika minum air dan makan karbohidrat tidak bisa membantu menghilangkan mabuk. Kamu bisa minum obat Pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen (Motrin, dan merek lain), serta obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 6 Manfaat Luar Biasa dari Rambut Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Menurut Harvard Health Publishing, obat pereda nyeri dapat membantu meredakan sakit kepala dan ketidaknyamanan secara umum. Namun, NSAID dapat mengiritasi perut yang sudah teriritasi oleh alkohol. Sebaiknya hindari penggunaan asetaminofen (Tylenol) karena alkohol yang tersisa di tubuh dapat meningkatkan risiko efek toksik pada hati. Jadi berhati hatilah

  1.   Minum Cairan Elektrolit

Minum cairan elektrolit dapat membantu mengatasi mabuk alkohol dengan menggantikan elektrolit, natrium, kalium, dan magnesium yang hilang akibat alkohol dan muntah. Meskipun cairan elektrolit tidak menghilangkan alkohol dari tubuh secara langsung, Cairan elektrolit bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan mengurangi gejala mabuk seperti rasa haus, pusing, dan kelelahan.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat memberikan rasa relaksasi dan membantu meredakan beberapa gejala mabuk alkohol, terutama jika tubuh merasa tegang atau cemas. Mandi air hangat bisa membantu melemaskan dan merelaksasikan otot dan membuat tubuh terasa lebih nyaman selama proses pemulihan.

  1. Istirahat yang Cukup

Jika mengalami hangover yang cukup parah, jangan sekali kali memaksakan diri untuk menyetir kendaraan. Karena cara ini sangat membahayakan, bukan cuma pada kamu tapi kepada penumpang ataupun kendaraanmu.

Ketimbang menyetir, kamu bisa duduk di kursi penumpang atau memeilih pesan kendaraan. Seperti menyewa taksi ataupun ojek. Jika efek mabuk belum sepenuhnya hilang. Lebih baik istirahat di rumah dengan melakukan aktivitas ringan, serta tidur siang dan malam yang cukup untuk membantu tubuhmu pulih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: