Ada Sup Ayam sampai Telur, 7 Makanan Ini Ampuh Banget Buat Ngilangin Mabuk

Ada Sup Ayam sampai Telur, 7 Makanan Ini Ampuh Banget Buat Ngilangin Mabuk

Sup ayam --

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mabuk jadi kondisi yang sulit diabaikan oleh sebagian orang. Mabuk bisa membuatmu lupa kesadaran bahkan hilang ingatan untuk sementara. Untuk itu, kamu harus menghilangkan efek mabuk setelah mengkonsumsi alcohol sesegara mungkin, untuk mencegah hal buruk terjadi padamu.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan mabuk dengan benar dan efektif? Salah satu efek yang sering ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman beralkohol adalah pusing dan mual. Jika pengaruh mabuk sangat sulit dihilangkan dan menggangu aktifitas, cobalah beberapa cara ini untuk meredakannya.

BACA JUGA:Tips and Trick Paling Ampuh Mencegah Rasa Mabuk Disertai Mual Selama Perjalanan

Setelah pesta atau minum alkohol berlebihan, keesokan harinya kamu mungkin mengalami hangover, yang dapat membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mabuk alcohol secara aman dan ampuh.

Kondisi Umum yang terjadi Saat Mabuk Alkohol

Hangover biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. Gejala hangover umumnya meliputi diare, kelelahan, sakit kepala, mual, dan gemetar. Selain itu, beberapa orang mungkin merasa sensitif terhadap cahaya, mengalami vertigo, detak jantung cepat, atau keringat berlebih. Tekanan darah juga bisa meningkat lebih tinggi dari biasanya.

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

Siapa bilang efek mabuk hanya bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi obat obatan? Mabuk juga bisa diredakan dengan makanan makanan berat yang biasa kamu konsumsi loh. Adapun diantaranya seperti :

  1. Sup Ayam

Menghilangkan efek mabuk gak selamanya harus lewat jamu atau obat herbal. Nyatanya mabuk juga bisa hilang dengan makanan enak yang sering kamu konsumsi lo. Sup ayam, salah satunya.

Nikmat dikonsumsi saat hangat, Sup ayam bukan cuma menciptakan kehangatan dan rasa nyaman pada perut, tapi kaldu ayam pada sup juga bisa menyediakan elektrolit dan nutrisi penting yang mengilangkan efek mabuk. Jadi, kalau kamu mabuk dan ingin tetap enak untuk meredakannya, segera konsumsi su ayam.

  1. Jus Buah atau Buah Potong

Mengkonsumsi buah jadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin kenyang tapi juga ingin tetap sehat. Kamu bisa mengkonsumsi buah buahan potong atau jus buah untuk menghilangkan efek mabuk. Adapaun jenis buah yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan efek mabuk, seperti pisang dan jeruk.

Kedua buah ini mengandung potasium, sebuah elektrolit yang sering berkurang akibat efek diuretik alkohol. Bukan Cuma manfaat dari buahnya, manfaat lainnya juga bisa kamu dapatkan dari jus buah. Karena minuman ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan menambah energi tubuh.

  1. Oatmeal

Jika di malam hari kamu berpesta miras sampai kamu hangover bahkan tidak sadarkan diri, oatmeal jadi menu sarapan yang paling tepat untuk menghilangkan efek mabuk.  Mengapa oatmeal disarankan jadi menu sarapan orang yang sedang mabuk?

Alasannya karena Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang baik untuk meningkatkan energi dan mendukung kadar gula darah. Selain itu, oatmeal mengandung vitamin B, mineral, dan omega-3 yang dapat membantu mengatasi mabuk alkohol.

  1. Yoghurt

Jangan minum kopi, jangan minum teh, kamu boleh minum air putih kamu juga boleh minum yogurt. Kenapa harus yogurt? Yoghurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan perut. Minuman ini cocok banget kamu konsumsi saat mengalami mabuk dalam beberapa kondisi, mengingat yogurt banyak dijual di warung warung terdekat.

  1. Telur

Selain oatmeal, kamu juga bisa mengkonsumsi telur sebagai menu sarapan saat kamu mengalami hangover di malam hari. Telur mengandung cysteine, asam amino yang dapat membantu memecah acetaldehid, zat kimia penyebab beberapa gejala mabuk. Kamu bisa mengkombinasikan telur menjadi menu sarapan unik, seperti telur dadar, omelete, atau sekedar telur rebus.

Cara Menghindari Mabuk Alkohol

Meskipun mabuk setelah minum alkohol dapat dihilangkan dengan beberapa minuman, makanan sampai obat. Ada baiknya kamu melakukan sejumlah tips untuk menghindari mabuk alkohol di sejumlah kondisi. Adapun diantaranya seperti.

·         Jangan melebihi batas toleransi tubuh.

·         Jangan minum alkohol dengan perut kosong. Makan makanan berkarbohidrat sebelum minum untuk memperlambat penyerapan alkohol.

·         Hindari minuman beralkohol berwarna gelap karena dapat mengiritasi pembuluh darah dan jaringan otak, memperburuk efek hangover.

·         Minum air putih di antara konsumsi alkohol untuk membantu mengontrol asupan alkohol.

·         Minum air putih sebelum tidur.

Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu bisa mengurangi risiko hangover dan mabuk alkohol serta menjaga tubuh tetap sehat.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: