12 Tips Untuk Menjalani Pernikahan yang Awet dan Harmonis

12 Tips Untuk Menjalani Pernikahan yang Awet dan Harmonis

12 Tips Untuk Menjalani Pernikahan yang Awet dan Harmonis--Foto by Kompas

4. Susun Daftar Tamu dengan Cermat

- Buatlah daftar tamu yang realistis dan sesuai dengan kapasitas lokasi dan anggaran yang kalian sudah sepakati. Pertimbangkan untuk mengundang orang-orang yang paling penting dalam hidup kalian.

5. Komunikasi dengan Vendor

- Pastikan untuk berkomunikasi dengan baik dengan vendor-vendor pernikahan (catering, dekorasi, fotografer, dll.) dan pastikan mereka memahami harapan kalian. Persiapkanlah dari jauh-jauh hari untuk meminimalisir terjadinya antrian ketika pembookingan.

- Mintalah kontrak tertulis untuk semua kesepakatan dengan vendor agar tidak terjadi kesalahpahaman.

6. Persiapkan Diri secara Emosional

- Pernikahan bukanlah bisa menjadi momen yang penuh emosi. Luangkan waktu untuk relaksasi dan jangan ragu untuk meminta bantuan teman atau keluarga jika merasa stres.

   - Ingat bahwa ini adalah hari bahagia kalian, jadi nikmati setiap momennya dan buatlah kenangan yang indah untuk dikenang.

7. Latihan Upacara

- Poin ini terjadi apabila pernikahan kalian mengusung tema tradisional yang melibatkan upacara atau ritual tertentu. Ada beberapa upacara yang memang membutuhkan waktu yang banyak untuk berlatih, oleh karena itu pertimbangkan untuk melakukan latihan terlebih dahulu agar semua orang tahu perannya masing-masing.

8. Jangan Lupa Dokumentasi

- Pastikan untuk menyewa fotografer dan videografer profesional yang dapat menangkap momen-momen penting di hari pernikahan kalian.

- Diskusikan dengan fotografer tentang gaya foto yang kalian inginkan, apakah itu candid, formal, atau kombinasi keduanya. Buatlah juga video after movie pernikahan kalian yang nantinya bisa kalian tonton dan ingat selalu momen tersebut.

9. Siapkan Plan B

- Manusia memang bisanya hanya berencana, selebihnya kehendak Tuhanlah yang berkuasa atas semua rencana-rencana manusia. Selalu siapkan rencana cadangan, terutama jika kalian merencanakan pernikahan di luar ruangan. Cuaca bisa berubah, jadi pastikan ada alternatif lokasi atau perlengkapan seperti tenda. Perhatikan beberapa hal seperti tenda yang digunakan atau juga struktur tanah yang nantinya akan kalian gunakan untuk menjadi tempat berlangsungnya pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: