Erina Gudono Sebut Semester Ketiga Kehamilan, Ini Perbedaan Semester dan Trimester pada Masa Kehamilan

Erina Gudono Sebut Semester Ketiga Kehamilan, Ini Perbedaan Semester dan Trimester pada Masa Kehamilan

Erina Gudono Sebut Semester Ketiga Kehamilan, Ini Perbedaan Semester dan Trimester pada Masa Kehamilan-(Pixabay/Lisa Runnels)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Istilah semester dan trimester ramai diperbincangkan setelah istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono mengunggah Instagram story mengenai kehamilannya yang memasuki usia ketiga.

Dalam story-nya Erina sebut hamil semester ketiga, "The only solid reason I have the strength to do master study while in 3rd semester pregnant, working on aboard social project, and also babymoon without any hassle --> full support from my husband."

Erina Sofia Gudono atau biasa disebut Erina Gudono merupakan istri dari Kaesang Pangarep. Diketahui Erina kini sedang menjalankan masa studi di University of Pennsylvania.

Saat ini Kaesang sedang menemani sang istri melanjutkan studi dan diketahui berbelanja berbagai barang persiapan untuk sang anak.

Lalu, benarkah istilah hamil semester ketiga? Yuk simak perbedaan semetser dan trimester!

BACA JUGA:Ramai Dibahas di X, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Perbedaan Semester dan Trimester

Menurut situs resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), trimester merujuk pada periode tiga bulan atau triwulan, sementara semester berarti periode setengah tahun atau enam bulan.

Semester biasanya digunakan dalam konteks tahun akademik dan terdiri dari dua periode, seperti semester 1 dan semester 2, sedangkan trimester lebih sering digunakan untuk membahas kehamilan manusia.

Dalam satu tahun akademik, seperti di perguruan tinggi, kegiatan belajar biasanya dibagi menjadi dua semester. Namun, menurut situs resmi Griffith University, terkadang istilah trimester juga digunakan dalam dunia akademik.

Ketika berbicara tentang kehamilan, istilah yang tepat adalah trimester, bukan semester. Menurut Jackson Health System, kehamilan manusia berlangsung sekitar 40 minggu, dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT) atau hari pertama dari siklus menstruasi terakhir. Karena 40 minggu setara dengan sembilan bulan, seorang wanita hanya hamil selama 1,5 semester. Selain itu, istilah "semester" jarang digunakan dalam bidang kedokteran kandungan.

Memahami Konsep Trimester

Menurut UCSF Health, kehamilan dibagi menjadi tiga periode yang disebut trimester. Kebanyakan wanita mengalami perubahan fisik dan psikologis yang berbeda di setiap trimester.

Masa kehamilan biasanya terdiri dari tiga trimester dan berlangsung sekitar 40 minggu. Namun, ada wanita yang melahirkan lebih awal pada usia kehamilan 37 minggu, atau lebih lama hingga 42 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: