Ramai Dibahas di X, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Ramai Dibahas di X, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan-(Unsplash/Ana Essentials)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDBau badan sering kali menjadi masalah yang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam beraktivitas. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara efektif dan aman untuk menghilangkan Bau badan. Yuk ketahui penyebab dan cara menghilangkan Bau badan!

BACA JUGA:MK Ubah Ambang Batas Pencalonan Pilkada, Parpol Non Parlemen Bisa Ajukan Kepala Daerah

Penyebab Bau Badan

Bau badan biasanya muncul saat seseorang berkeringat, sehingga banyak yang mengira bahwa keringat adalah sumber utama bau tersebut. Namun, sebenarnya bau badan tidak langsung disebabkan oleh keringat. Jadi, apa penyebabnya?

Pada dasarnya, terdapat dua jenis kelenjar yang menghasilkan keringat di kulit, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terletak dekat dengan permukaan kulit dan tersebar di hampir seluruh tubuh. Sementara itu, kelenjar apokrin berada di area yang berambut, seperti ketiak dan selangkangan.

Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat saat suhu tubuh meningkat atau ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat. Keringat yang dihasilkan kelenjar ini terdiri dari air dan garam. Sementara itu, kelenjar apokrin mengeluarkan keringat yang lebih kental dan berminyak, terutama saat seseorang mengalami stres.

Pada dasarnya, keringat itu sendiri tidak berbau. Bau badan muncul ketika keringat dari kelenjar apokrin bercampur dengan bakteri di permukaan kulit. Inilah mengapa bau badan sering kali berasal dari area ketiak, selangkangan, atau lipatan tubuh lainnya yang banyak mengandung bakteri.

Pada beberapa orang, produksi keringat bisa sangat berlebihan, kondisi yang dikenal sebagai hiperhidrosis. Selain itu, keringat berlebih juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan fungsi tiroid, atau efek samping dari obat-obatan.

BACA JUGA:Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ungkap Masih Menunggu Arahan KPU RI Terkait Putusan MK

Cara Menghilangkan Bau Badan

Meskipun bau badan bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi seringkali mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan:

Menjaga Kebersihan Diri

Langkah pertama untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh melalui mandi secara rutin. Dengan mandi secara teratur dan menerapkan pola hidup bersih, bakteri penyebab bau badan akan berkurang dan hilang.

Pastikan untuk mandi satu hingga dua kali sehari atau setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak berkeringat. Saat mandi, bersihkan dengan baik area tubuh yang mudah berkeringat seperti ketiak, selangkangan, leher, dan wajah agar terbebas dari debu, bakteri, dan kuman penyebab bau badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: