Tak Perlu Cemas, Berikut Tips Mengatasi Wajah Bruntusan Karena Penggunaan Skincare

Tak Perlu Cemas, Berikut Tips Mengatasi Wajah Bruntusan Karena Penggunaan Skincare

-(Pixabay/Kjerstin_Michaela)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ketika kamu mencoba merawat kulit wajah, hal terakhir yang ingin kamu lihat setelah beberapa minggu adalah kulit yang tampak kusam, munculnya jerawat kecil, atau kulit yang sangat kering. Meskipun kamu sudah menggunakan lebih banyak bahan aktif atau tetap konsisten dengan rutinitas pembersihan, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang menyebabkan peningkatan jerawat kecil, pori-pori tersumbat, atau bahkan kekeringan ini.

Apakah produk baru yang kamu pilih adalah sumber masalahnya? Apakah produk tersebut menyebabkan bruntusan sementara atau reaksi permanen?

Yuk simak cara mengatasi wajah bruntusan karena penggunaan skincare berikut ini!

Wajah bruntusan bisa terjadi ketika kulit mengalami purging

Bruntusan yang kamu lihat setelah memulai rutinitas perawatan kulit baru atau setelah menggunakan eksfolian aktif biasanya adalah microcomedones (jerawat kecil yang tidak terlihat oleh mata). Jerawat ini berada di bawah permukaan kulit dan muncul ke permukaan selama proses pergantian sel yang dipercepat. Kamu mungkin juga melihat peningkatan pembersihan di area yang sering muncul jerawat, seperti hidung, dagu, atau dahi.

Namun, penting untuk membedakan antara purging dan breakout. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun purging mungkin normal setelah memulai rutinitas atau produk baru, penting untuk mengenali perbedaan antara purging dan breakout sehingga kamu tahu mana yang dianggap ‘normal’ atau reaksi terhadap suatu bahan.

 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

 

Ketika kulitmu sedang melalui proses pembersihan, penting untuk menjaga rutinitas. Umumnya, cara mengatasi bruntusan adalah dengan menerapkan kebiasaan merawat kulit yang tepat dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bruntusan:

Hindari Menyentuh atau Memencet Bruntusan atau Jerawat Kecil

   Meskipun menggoda, biarkan kulitmu sendiri untuk mencegah peradangan, jerawat, atau perubahan warna kulit lebih lanjut. Ini akan membantu mengurangi munculnya jerawat dan meningkatkan kesehatan kulitmu.

Hindari Menambahkan Produk yang Mengeringkan Kulit Secara Berlebihan

   Saat menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif atau eksfolian, hindari produk yang dapat menyebabkan kulit kering. Bagi sebagian orang, proses pembersihan melibatkan penghilangan sebum atau minyak berlebih, jadi jangan eksfoliasi berlebihan yang bisa membuat kulit kering dan merah.

Selalu Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: