Tahun 2024, Pemkab Bekasi Targetkan 100 Persen ODF

Tahun 2024, Pemkab Bekasi Targetkan 100 Persen ODF

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat targetkan Open Defecation Free (ODF) atau bebas praktek buang air besar pada tahun 2024 ini.-Cikarang Ekspres-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat targetkan Open Defecation Free (ODF) atau bebas praktek buang air besar pada tahun 2024 ini.

Penjabat Bupati Dedy Supriyadi menyampaikan, Kabupaten Bekasi menargetkan bebas Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari praktek buang air besar sembarangan di tahun 2024 di seluruh desa dan kelurahan. 

"Ya, realisasi program ODF sudah kita laksanakan. Dimana wilayah Kabupaten Bekasi sudah mendeklarasikan bebas dari praktek buang air besar sembarangan di tahun 2024," kata Dedy Supriyadi kepada Karawang Bekasi Ekspress Senin (26/08).

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam menambahkan, di tahun 2023 persentasi penanganan buang air besar sembarangan sudah mencapai 23 persen.

BACA JUGA:Tangan Dingin Dede Karbada Pimpin SMPN 1 Kotabaru, Antarkan Ekskul Pramuka Kian Eksis dan Berprestasi

"Untuk tahun 2024 ini kita sudah deklarasikan Kabupaten Bekasi bebas Open Defecation Free (ODF) hingga 100 persen," ungkapnya. 

Ia menambahkan, upaya yang dilakukan agar Kabupaten Bekasi bebas ODF diantaranya melakukan edukasi ke masyarakat melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas, dinas-dinas terkait, dan penyediaan infrastruktur.

Melalui Disperkimtan, Pemkab Bekasi sudah membangun Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) di berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi. 

"Ketika mengeluarkan larangan, maka harus menyediakan infrastruktur. Jamban, toilet yang memenuhi standar dan lainnya," ucapnya.

BACA JUGA:Harumkan Nama Jawa Barat, Pemprov Jabar Berikan Penghargaan untuk Nike Ardilla dan Ni Mursih

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Agus Budiono mengatakan, program ODF akan terus dilaksanakan untuk mencapai Kabupaten Bekasi bebas ODF 100 persen. 

Pihaknya sudah menyusun strategi Sanitasi Kota Kabupaten (SSK) untuk menjamin keberlanjutan program ODF. 

"Kita integrasikan pada dokumen perencanaan pembangunan daerah, untuk memastikan bahwa program ini, tersedia anggarannya dan dapat dilaksanakan," tandasnya. (Iky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: