Buat Para Calon Ibu, Berikut 5 Hal yang Perlu Disiapkan Ibu Hamil Sebelum Berenang

Buat Para Calon Ibu, Berikut 5 Hal yang Perlu Disiapkan Ibu Hamil Sebelum Berenang

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil-(Pixabay/StockSnap)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Berenang jadi aktivitas seru bukan cuma untuk berolahraga tapi juga untuk merelaksasikan pikiran dan mental. Oleh karenanya, berenang diperlukan bukan cuma bagi anak anak tapi pada ibu hamil sekalipun.

Hamil bukan jadi hambatan para calon ibu untuk diam diri dirumah. Calon ibu perlu bergerak dan beraktifitas, tidak perlu berolahraga berat yang menguras tenaga, kamu bisa sesekali berenang. Berenang saat hamil aman dilakukan saat calon ibu tidak punya masalah kesehatan serius. Tapi jika calon ibu mengalami sejumlah masalah selama kehamilan lebih baik konsultasikan kedokter.

Beberapa Hal Yang Perlu Dipersiapkan Selama Berenang

Buat para calon ibu yang bosen di rumah, ga ada salahnya untuk nyoba berenang. Jangan berenang di kolam yang dalam sampai mengeluarkan tenaga berlebih kamu bisa sekedar bermain main air dan mencoba wahna air di area kolam renang.

BACA JUGA:Simak 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Para Orangtua Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Tapi sebelum nyemplung,  ada beberapa tips persiapan berenang saat hamil yang harus calon ibu ketahui. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Memeriksa Keamanan Air
    Pastikan air di kolam renang bersih untuk mencegah risiko penyakit. Pilih kolam renang umum yang terjamin kebersihannya. Setelah berenang, hati-hati karena area sekitar kolam bisa licin, dan perut yang membesar saat hamil bisa mempengaruhi keseimbangan.
  2. Perhatikan Suhu Air
    Selain kebersihan air, suhu juga penting. Hindari berendam dalam air panas karena suhu di atas 40°C dapat meningkatkan suhu tubuh Kamu dan berisiko menyebabkan masalah seperti keguguran, terutama di trimester awal. Mandi air hangat masih oke, asal tidak terlalu lama dan suhunya tidak terlalu tinggi.
  3. Jangan Pilih Kolam Terlalu Dalam
    Berenang di kolam yang terlalu dalam bisa membuat Kamu kesulitan bergerak karena perubahan fisik saat hamil. Hindari menahan napas terlalu lama karena janin juga membutuhkan oksigen. Pastikan napas tetap stabil saat berenang.
  4. Tetap Terhidrasi
    Kamu mungkin tidak sadar sudah berkeringat saat berenang, jadi pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik. Minum 500 ml air putih dua jam sebelum berenang dan jangan lupa untuk minum di sela-sela kegiatan berenang.

Setelah berenang, biasanya perut akan lapar dan keroncongan. Nahh sebelum berenang kamu bosa menyiapkan aneka camilan berenergi seperti susu, buah, atau roti panggang.

Camilan yang kaya protein dan serat bakal membantu mengisi ulang tenaga setelah berenang. Jangan lupa, beri jarak sekitar 30 menit antara makan dan berenang supaya perut lebih nyaman.

Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil Bagi Kesehatan Janin

Berenang adalah olahraga yang aman sekligus menyenangkan untuk ibu hamil dengan risiko cedera yang sangat rendah. Selain itu, berenang juga punya beragam manfaat bagi ibu hamil loh. Penasaran? Simak informasinya dibawah ini :

       1.  Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Berenang memperkuat jantung dan melatih pernapasan, membantu jantung lebih sehat dan kuat, bahkan jika Kamu memiliki kondisi jantung yang lemah. Selain itu, berenang melatih sistem pernapasan agar lebih efisien.

   2.  Meningkatkan kekuatan dan pembentukan Masa otot

Renang membantu memperkuat otot-otot di sekitar panggul dan rahim, yang bermanfaat saat proses persalinan nanti.

   3.  Mengontrol berat badan

Berenang membantu membakar kalori tanpa membuat Kamu cepat lelah. Idealnya, Kamu bisa berenang selama 20-30 menit, karena berenang terlalu lama bisa meningkatkan suhu tubuh dan janin.

   4.  Menghindari stress

Selain manfaat fisik, berenang juga baik untuk kesehatan mental. Aktivitas ini dapat membantu Kamu mengatasi stres dan membuat pikiran lebih segar. Berenang juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:Bukan Dijilat Setan, Ini 7 Alasan Kenapa Muncul Memar di Tubuhmu, Berikut Cara Mengobatinya

Meski risiko cedera rendah, calon ibu harus berhati hati saat benerang. Jangan sampai jatuh atau terpeleset karena keramik yang licin. Ada baiknya saat berenang calon ibu membawa suami atau teman yang mengawasi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: