Inilah 5 Alasan Kuat Mengapa Hanphone Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Alasan Kuat Mengapa Hanphone Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

bahaya handphone bagi kesehatan--picture by ners.unair.ac.id

Artikel kali ini akan menjelaskan beberapa alasan handphone bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Tanpa kitas sadari, sebenarnya beberapa gangguan kesehatan yang kita rasakan dalam sehari-hari kemungkinan dapat disebabkan oleh handphone. 

Untuk lebih jelasnya, yuk kita kulik apa saja alasan handphone dapat mengganggu kesehatan tubuh sebagai berikut. 

Alasan Handphone Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

1. Kelelahan Mata dan Masalah Postur

Penggunaan handphone yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan masalah postur tubuh yang buruk. Terlalu lama menatap layar dapat mengakibatkan ketegangan pada mata dan leher, yang berpotensi menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan fisik.

BACA JUGA:Bongkar Alasan di Balik Seseorang yang Terobsesi Memiliki iPhone

2. Gangguan Tidur  

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar handphone dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang penting untuk tidur. Penggunaan handphone di malam hari sering kali menyebabkan gangguan tidur, sehingga mengurangi kualitas istirahat seseorang.

3. Stres dan Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone dalam durasi yang panjang dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres, yang berdampak negatif pada kesehatan mental.

Selain itu, kecanduan handphone dapat mengganggu konsentrasi dan interaksi sosial, yang juga berkontribusi pada masalah kesehatan mental.

BACA JUGA:Jangan Asal Ikut Trend, Inilah Tips Merawat iPhone agar Kualitasnya Tetap Bagus

4. Radiasi dan Kesehatan Fisik 

Handphone memancarkan radiasi elektromagnetik yang diduga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan berpotensi meningkatkan risiko masalah kesehatan jangka panjang, seperti kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: