Sosok Jiovanno Nahampun, Mantan Jurnalis Cikarang Ekspress yang Hiasi Wajah Baru DPRD Kabupaten Bekasi

Sosok Jiovanno Nahampun, Mantan Jurnalis Cikarang Ekspress yang Hiasi Wajah Baru DPRD Kabupaten Bekasi

Mantan jurnalis koran Cikarang Ekspres Jiovanno Nahampun menjalani debutnya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2024-2029.-Cikarang Ekspres-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mantan jurnalis koran Cikarang Ekspres Jiovanno Nahampun menjalani debutnya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2024-2029 setelah dilantik pada Kamis (05/09) lalu.

Politisi muda dari PDI Perjuangan ini akan menjalankan amanah sebagai wakil rakyat di Daerah Pemilihan (Dapil) II, yang meliputi Cibitung dan Cikarang Barat.

Menjalani karir di legislatif menjadi pengalaman pertama Jio-sapaannya- setelah memutuskan beralih profesi dari jurnalis menjadi politisi hingga terpilih sebagai anggota DPRD.

“Ini menjadi tantangan baru, karena sebelumnya saya menjadi jurnalis, terus kemudian beralih (ke politik) dan terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi,” ujar Jio, kepada Cikarang Ekspres.

BACA JUGA:Menuju Penetapan DPT, Pleno DPSHP Berlangsung di Tingkat PPK Cikarang Utara

BACA JUGA:DPKP Karawang Lakukan Normalisasi di Wilayah Kecamatan Kutawaluya

“Walaupun fungsi pengawasannya tetap sama. Cuma bedanya, kalau di jurnalis kita ada keterbatasan dan kode etik, sedangkan kalau di DPRD kita bisa ceplas-ceplos sedikit,” imbuh Jio.

Setelah sembilan tahun berkarir sebagai jurnalis media cetak di Bekasi, pria kelahiran Jakarta, 22 Desember 1991 ini memutuskan untuk terjun ke politik dan ikut serta dalam pemilihan legislatif 2024.

Berbekal pengalaman dan jejaring sebagai wartawan serta melihat berbagai persoalan di masyarakat, Jio memberanikan diri terjun ke politik. Masuk sebagai kader DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi hingga dipercaya memegang peran penting di Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Jio berharap, sebagai wakil rakyat ia dapat memberikan kontribusi lebih. Tidak hanya melalui kritik, tetapi juga melalui tindakan konkret untuk pembangunan Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 : Ada Cerita di Balik AI Listening

BACA JUGA:KJRI Hamburg sambut Kedatangan BPIP dan MPR : Kuatkan Pancasila di Hamburg

“Kalau di jurnalis saya hanya kritik saja, tapi ketika saya beralih dan terpilih sebagai anggota DPRD bisa menguatkan fungsi pengawasan. Jadi kritik saya bisa langsung membangun, karena anggota DPRD ini selain fungsi pengawasan, ada fungsi budgeting di badan anggaran,” ujar mantan aktivis juga Wakil Ketua DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bekasi ini.

Jio menilai bahwa profesi jurnalis memberinya banyak pengalaman dan jejaring serta pemahaman mendalam tentang persoalan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: