7 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing Hanya dalam Hitungan Menit

7 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing Hanya dalam Hitungan Menit

7 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing Hanya dalam Hitungan Menit--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Suka tiba-tiba marah, terus jadi sedih bahkan sampai nangis, dan berakhir dengan rasa hampa yang kosong. Berubahnya suasana hati secara tiba-tiba inilah yang disebut dengan Mood swing. Kira kira apa yang penyebabnya? Simak informasiny dibawah ini.

Mood swing, atau perubahan suasana hati yang mendadak, adalah hal yang umum yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Namun, apakah Kamu tahu apasajsih penyebab dari mood swing dan bagaimana cara menangatasinya agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari?

Apa Itu Mood swing?

Mood swing mengacu pada perubahan suasana hati yang tiba-tiba berubah dengan cepat. Baik pria atau Wanita, perubahan ini dapat terjadi pada siapa saja seakan jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, seseorang mungkin merasa bahagia di pagi hari tetapi tiba-tiba merasa sedih atau marah di sore hari tanpa memiliki alasan yang jelas.

BACA JUGA:10 Manfaat Belajar sambil Mendengarkan Musik, Benarkah Dapat Menjaga Mood Kamu?

Meskipun mood swing normal terjadi, jika perubahan suasana hati terjadi secara ekstrem dan tidak terkendali, ini bisa menandakan adanya masalah yang lebih serius yang perlu diobati.

Cara Mengatasi Mood swing
Mood swing yang tidak ditangani dengan baik bisa memengaruhi produktivitas dan hubungan sosial. Berikut beberapa langkah yang bisa membantu Kamu dan Dads dalam mengelola dan mengatasi mood swing:

1.   Mandi dan Keramas

Cara mudah mengatasi mood swing yang pertama adalah mandi bahkan keramas. Saat rasa marah atau ras cemas menguasai pikiranmu yang kamu butuhkan adalah rasa tenang, jangan sampai rasa marah membakar seluruh tenagamu. Kamu perlu merileksasikan badan, seperti mandi dan berkeramas.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Selalu Mengikuti Trend Tiktok, Generasi Z Perlu Hati-hati

Air yang mengalir di tubuhmu, serta aroma sabung yang menenangkan, kamu juga bisa berennag di bathub yang penuh bsa diiringi alunan music yang menenagkan. Kamu juga bisa berdiri di atas shower yang menyala, layaknya dirimu saat menikmati hujan, sesekali kamu juga menggosok rambut secara perlahan, memijat dan merelaksasikan tubuhmu dengan air yang mengalir.

2.   Jaga Rutinitas Harian

Mood yang sering berubah bisa jadi disebabkab rutinitas yang sering berubah rubah. Aktifitas yang tidak berpola, cenderung membuat dirimu lebih mudah Lelah. Karena banyak hal diluar rencana terjadi begitu saja, dan jelas hal ini akan mempengaruhi mood mu.

Jadi, jalan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga rutinitas harian secara teratur. Kamu bisa menulis agenda harian di notes kecil, lakukan agenda tersebut secara teratur dan tanpa terlewat. Sehingga perlahan pola hidup sehat perlahan akan tumbuh dan mood mu bisa lebih stabil.

3.   Olahraga Secara Teratur

Buat kamu yang super sibuk pasti susah banget meluangkan waktu buat berolahraga. Wajar jika moodmu sering banget berubah rubah karena badan yang Lelah dan tidak bertenaga. Salah satu alasan kamu gampang capek saat beraktifitas, tidak lain karena kamu kurnag berolahraga. Rasa Lelah inilah yang nantinya ermbas pada perubahan mood.

Untuk mensiasatinya, kamu perlu menjaga rutinitas berolahraga secara teratur. Cara mudahnya adalah dengan rutin berjalan kaki, biasakan diri untuk menggunakan transportasi umum atau berjaan kaki ketimbang menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat kerja. Niscaya, bukun tubuh yang sehat, moodmu juga sehat dan stabil.

4.   Cukupi Kebutuhan Tidur

Pagi pagi seneng banget, sorenya murung, malamnya bisa  jadi marah, mood yang berubah rubah bikin aktifitas terganggu. Perubahan mood yang kerap terjadi bisa jadi disebabkan karena kamu kurang waktu tidur. Rasa Lelah dan kurangnya waktu istirahat membuat dirimu tampak lebih sensitive dari biasanya.

BACA JUGA:Pengaruh Kesehatan Mental Ibu Hamil yang Harus Moms dan Dads Ketahui

Untuk mnsiasatinya, kamu harus menjaga pola tidur dengan baik. Pastikan kamu tidur setidaknya selama 6 jam dalam setiap harinya. Jangan buat dirimu Lelah dengan kebiasaan begadang karena pekerjaan.

5.   Makan dengan Gizi Seimbang
Hal kecil yang bisa bikin mood mu berubah bahkan dalam hitungan jam. Rasa lapar bukan cuma bisa menggangu aktifitas, tapi juga merusak mood mu. Kamu bisa saja senang, sedih bahkan marah karena perut yang merasa lapar.

Untuk itu, kamu perlu menjaga nutrisi setiap makanan yang akan kamu makan. Nutrisi yang baik dapat membantu tubuh dalam mengelola mood dengan lebih efektif. Sehingga mood mu terus terjaga meski beraktifitas seharian.

6.   Kelola Stres
Praktikkan meditasi atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan ketegangan. Ini bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Aktivitas fisik seperti jogging, yoga, atau bersepeda bisa meningkatkan produksi endorfin yang membuat suasana hati lebih baik.

7.   Mengelola Hormon

 

Vitamin seperti B6, magnesium, atau herbal seperti ginseng dan chamomile bisa membantu menstabilkan mood. Mood swing sering terkait dengan perubahan hormon. Aplikasi pelacak siklus menstruasi bisa membantu mengidentifikasi pola perubahan suasana hati.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Profesional?

Meski mood swing bisa jadi hal yang normal, penting untuk waspada jika perubahan suasana hati mulai mengganggu produktivitas atau hubungan sosial. Jika mood swing berlangsung lebih dari seminggu atau menyebabkan dampak serius, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog atau psikiater untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Mood swing yang tidak ditangani mungkin tidak akan membaik dengan sendirinya, sehingga bantuan profesional mungkin diperlukan.

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: