Kenalan Lebih Jauh Sama Ikan Koi Hias, Berikut Jenis dan Karakteristiknya

Kenalan Lebih Jauh Sama Ikan Koi Hias, Berikut Jenis dan Karakteristiknya

Ikan koi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bagi kamu para pecinta ikas hias pasti gak asing dengan jenis ikan yang satu ini, Ikan Koi. Punya corak unik yang beragam, koi banyak dipelihara sebagai salah satu jenis ikan hias. Berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

BACA JUGA:Pentingnya Kualitas Air Dalam Budidaya Ikan Koi Hias, Begini Caranya!

Bukan sekedar ikan hias biasa, Ikan Koi Punya corak yang unik serta menyimpan makna filosif tersediri, hal yang wajar bila Koi di jual dengan harga yang cukup fantastis, Jadi buat kamu yang ingin pelihara ikan koi, ada baik untuk mengetahui bagaimana cara memelihara ikan koi di rumah .

Punya ukuran tubuh yang besar koi sulit dibilang disimpan dalam akuarium kecil. Kamu bisa memelihara koi di kolam halaman rumah. Hadirnya ikan koi akan memberikan efek segar dan menyejukkan mata.

BACA JUGA:7 Ciri Fisik yang Menandakan Umur Ikan Cupang Sudah Tua

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias ini, penting untuk mengenal dan memahami cara merawat ikan koi dengan benar agar Koi peliharaanmu bisa terus sehat dan berumur panjang.

Yuk Kenalan Sam Ikan Koi!

Ikan koi jadi salah satu jenis ikan hias populer yang banyak dipelihara karena memiliki corak yang unik dan terang dengan kombinasi warna merah, hitam, dan perak. Bukan Cuma artistik, Koi juga punya makna filosofis. Dalam Bahasa Jepang Koi melambangkan kedamaian, persahabatan, dan cinta.

Usut punya usut Ikan koi pertama kali diperkenalkan di Jepang oleh pedagang Cina pada abad ke-17. Awalnya ikan koi tidak mempunyai corak dan hanya berwarna polos, bahkan koi dianggap sebagai ikan konsumsi. Hingga sekitar tahun 1980-an, petani Jepang mulai membawa ke kolam rumah untuk dipelihara.

BACA JUGA:4 Cara Mudah Mengetahui Umur Ikan Cupang Tanpa Perlu Disentuh

Dari situ, corak ikan koi berkembang menjadi ikan hias dengan ragam jenis corak warna pada tahun 1804 hingga 1829. Di Jepang sendiri, ikan koi dikenal dengan sebutan kohaku, mulai popular yang artinya "nishiki" yang berarti berwarna-warni dan "goi" yang berarti ikan mas. Kini, ikan koi juga melambangkan cinta dan persahabatan.

Pada tahun 1915, ikan koi mulai menyebar ke seluruh dunia dengan beragam bentuk dan corak warna yang unik. Di Indonesia, ikan koi pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1991 ketika Kaisar Akihito menghadiahkan ikan ini sebagai cinderamata kepada Presiden Soeharto.

Apa Ajasih Karakteristik Ikan Koi ?

Ikan Koi adalah bagian dari keluarga ikan mas bernama Cyprinidae. Koi mempunyai tubuh yang panjang dan ramping, mirip torpedo dilengkapi dengan sirip di punggung, pinggul, berikut semacam sirip di dada dan ekor. Koi layaknya ikan mas dengan kumis tipis yang mendeteksi makanan di sekitarnya.

BACA JUGA:Cara Merawat Ikan Cupang agar tumbuh sehat, cocok buat pemula

Ikan koi memiliki lapisan epidermis yang halus untuk melindungi tubuhnya dari serangan parasit. Banyak orang yang percaya bahwa warna sisik ikan koi dapat menunjukkan usia mereka. Selain itu, ikan koi memiliki indera perasa yang terletak di urat saraf di bawah sisiknya, yang memungkinkan mereka merasakan dan menyerap pigmen warna, sehingga menciptakan corak yang unik.

 Indera pendengaran ikan koi dapat mendeteksi getaran suara dari bagian tengah kepala hingga ke ekor. Ikan hias ini dapat bertahan hidup di iklim sedang dan biasanya ditemukan di perairan tawar dengan suhu antara 8 hingga 30 derajat Celcius.

Oleh karena itu, ikan koi dapat hidup hampir di mana saja, tetapi mereka sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan yang ekstrim. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan karakteristik ikan koi saat izin untuk ditempatkan di kolam baru.

Ragam Jenis Ikan Koi

Selain koi dengan warna merah, kuning, putih, dan hitam yang paling populer. Ada beberapa jenis ikan koi yang umum dijadikan ikan hias. Warna yang muncul pada tubuh ikan Koi, berasal dari persilangan kawin  dengan ikan koi. Inilah alasan mengapa ikan koi memiliki harga yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Tips Merawat Ikan Cupang berdasarkan Habitat Alamnya

Bagi kamu yang ingin pelihara ikan koi dirumah berikut adalah jenis-jenis ikan koi yang bisa Kamu pilih untuk pelihara, cocok banget buat para pemula yang baru pertama kali pelihara ikan.

  1. Doitsu Hariwake
  2. Hikarimono
  3. Goromo
  4. Sanshoku Showa
  5. Saragoi
  6. Pembunuh Koi
  7. Tancho
  8. Matsuba
  9. Raja Inrin
  10. Taisho Sanke
  11. Goshiki

Bagaimana Kira-kira jenis koi mana yang kamu suka dan akan kamu ? Apakah kamu tertarik memelihara Koi di halaman rumahmu. Semoga artikel ini dapat membantu merawat koi di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: