Sering Makan-makanan Manis dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Sensitif Lho

Kamis 03-10-2024,11:20 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

Gula dapat merusak antioksidan alami dalam tubuh. Antioksidan berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan. Kekurangan antioksidan akan menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas, yang mempercepat proses penuaan dan memperburuk tampilan kulit.

5. Dehidrasi Kulit

Gula memiliki sifat menarik air keluar dari sel-sel tubuh. Ini menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya. Kulitpun akan menjadi lebih mudah terlihat kusam dan keriput karena kurangnya cairan dalam tubuh. Kulit yang kekurangan kelembapan cenderung terlihat kering, kusam, dan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Perhatikan untuk selalu memenuhi asupan cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi dan membuat tubuh menjadi lebih ringan dan sehat.

 

Rekomendasi Makanan Sehat yang Bagus untuk Kulit

1. Buah-Buahan Beri (Stroberi, Blueberi, Raspberi)

Buah ini memiliki manfaat untuk kulit karena kaya akan antioksidan, terutama vitamin C, yang penting untuk produksi kolagen. Antioksidan juga melawan radikal bebas yang merusak kulit, menjaga kulit tetap muda dan bercahaya.

2. Alpukat

Seperti buah beri, buah alpukat juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat untuk kulit buah alpukat yaitu mengandung lemak sehat, terutama asam lemak omega-3 dan vitamin E yang membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Alpukat juga membantu mengurangi peradangan pada kulit.

3. Ikan Berlemak (Salmon, Makarel, Sarden)

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan membran sel kulit. Omega-3 juga memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan kulit merah dan iritasi.

4. Sayuran Hijau (Bayam, Kale, Brokoli)

Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan mendukung produksi kolagen.

5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian (Almond, Kenari, Biji Chia)

Manfaat untuk kulit yang diperoleh oleh kacang-kacangan sangatlah banyak. Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin E, selenium, dan zinc yang baik, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Zinc juga memiliki sifat antiinflamasi dan membantu mengatur produksi minyak di kulit.

Kategori :