Telah Punah JutaanTahun Silam,15 Fakta Menarik Hiu Megalodon Sukses Bikin Kamu Bergidik Ngeri

Jumat 11-10-2024,19:34 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

Selama 13 juta tahun berikutnya, hiu raksasa ini mendominasi lautan dan punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu. Ukuran megalodon sangat mengesankan, dengan perkiraan panjangnya mencapai 15 hingga 18 meter , yang berarti tiga kali lebih panjang dibandingkan hiu putih besar.

4. Fosil Megalodon Pernah Diteliti Universitas Zurich

Angka-angka ini diperoleh dari ukuran gigi megalodon yang dapat mencapai panjang 18 cm . Hal ini disebabkan karena pada saat fosil ditemukan, kerangka megalodon belum lengkap. 

BACA JUGA:Preview Boku No Hero Academia 7th Season Finale: Tanggal Rilis dan Tempat Nonton

Pada tahun 2014, sebuah tim peneliti di Universitas Zurich mempelajari fosil megalodon dengan menggunakan teknik estimasi linier optimal untuk menentukan usia fosil tersebut.

5. Fosil ditemukan sejak zaman Miosen

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan bahwa sebagian besar fosil megalodon berasal dari zaman Miosen tengah hingga Pliosen, yaitu sekitar 15,9 hingga 2,6 juta tahun yang lalu .

6. Kemungkinan 1% Hiu Megalodon Masih Hidup

Semua tanda keberadaan makhluk ini berakhir sekitar 2,6 juta tahun yang lalu berdasarkan catatan fosil. Dari temuan ini, hanya ada 1 persen kemungkinan bahwa megalodon masih hidup. Karena tidak ada bukti baru yang ditemukan, para ilmuwan akhirnya sepakat bahwa megalodon sudah punah

7. Hiu Megalodon makan Daging Paus

Dengan gigi yang besar, megalodon kemungkinan akan memakan daging paus dan ikan besar, bahkan ikan hiu lainnya. Mengingat ukuran tubuhnya yang sangat besar, megalodon membutuhkan banyak makanan, termasuk lumba-lumba dan paus bungkuk sebagai mangsa.

BACA JUGA:Raih Puluhan Penghargaan sampai Masuk Guinness World Records Intip 5 Pencapaian Eminem di Umur 52 tahun

8. Punya cara Khusus Saat Mengigit mangsanya

Para peneliti berpendapat bahwa megalodon biasanya akan menyerang bagian sirip atau ekor mamalia untuk mencegah mangsanya berenang menjauh. Setelah itu, megalodon akan membunuhnya.

9. Punya Kekuatan Gigi yang Sangat Besar

Kategori :