Telah Punah JutaanTahun Silam,15 Fakta Menarik Hiu Megalodon Sukses Bikin Kamu Bergidik Ngeri

Jumat 11-10-2024,19:34 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

Dengan 276 gigi yang tajam meruncing, Megalodon diperkirakan memiliki kekuatan gigitan yang sangat besar saat memangsa. Sementara manusia memiliki kekuatan gigitan sekitar 1.317 newton ,108.514 dan 182.201 newton , menurut NHM.

10. Hiu Megalodon Diabadikan Jadi Film

Punya ukuran yang sangat besar, dengan kisah yang melegenda. Megalodon banyak diangkat jadi film layar lebar. Adapun film tentang Megalodon diantaranya seperti filmMeg, Jaws, Open Water, Deep Blue Sea dan masih banyak lagi

11. Punya Ukuran tubuh yang berbeda dari Hiu biasanya 

Dari sejumlah rekonstruksi, megalodon tampak seperti hiu putih besar yang sangat besar. Namun, ternyata hal ini tidak benar loh.

BACA JUGA:Sulit Berumur Panjang, Begini Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Cepat Mati

Kemungkinan megalodon memiliki hidung yang jauh lebih pendek dibandingkan dengan hiu putih. Rahangnya juga lebih datar dan hampir terjepit. Seperti hiu biru, megalodon juga memiliki sirip dada ekstra panjang untuk menopang beran dan ukurannya.

12. Megalodon Punya nenek moyang berusia 55 tahun

Nenek moyang tertua megalodon adalah hiu berusia 55 tahun yang dikenal sebagai Otodus obliquus yang tumbuh hingga 10 meter. Namun, sejarah evolusi hiu diperkirakan menentang dan menyebut nenek moyang megalodon adalah Cretalamna appendiculata yang berusia 105 juta tahun. Ia yang membuat garis keturunan megalodon berusia lebih dari 100 juta tahun.

13. Gigi Megalodon ditemukan Hampir di setiap benua

Seperti dinosaurus, megalodon menyukai kehangatan. Selama hidupnya, ia berburu di laut dangkal yang hangat.

BACA JUGA:7 Ciri Fisik yang Menandakan Umur Ikan Cupang Sudah Tua

Gigi megalodon telah ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Dan diperkirakan telah punah ketika lautan ini mengering, yakni zaman es dimulai dan air terkunci di kutub. 

14. Diperkirakan Megalodon Punah Karena Membeku 

Gigi megalodon banyak ditemukan di lepas pantai timur Amerika Utara, di sepanjang pantai dan di dasar sungai air asin Carolina Utara, Carolina Selatan, dan Florida. Mereka juga cukup umum ditemukan di lepas pantai Maroko dan sebagian Australia

Kategori :