Sama sama predator laut, Ketahui 10 Alasan Mengapa Hiu Menghindari Kawanan Lumba lumba

Sama sama predator laut, Ketahui 10 Alasan Mengapa Hiu Menghindari Kawanan Lumba lumba

Hiu dan Lumba Lumba--Hai-Online.com Grid.id

Hiu dan lumba-lumba adalah dua jenis hewan predator yang punya peran penting dalam ekosistem laut. Meskipun keduanya sama sama predator, ke dua hewan ini punya citra dan image yang jauh berbeda di mata manusia. 

Lumba-lumba sering kali dikenal sebagai hewan yang ramah dan bersahabat, manusia sangat senang saat bertemu sekawanan lumba lumba yang melintas. Berbeda hal nya dengan hiu, melihat siripnya yang timbul dia atas laut saja sudah cukup mengerikan. Ketimbang lumba lumba, hiu dianggap punya sifat Yang ganas dan menakutkan

BACA JUGA:Harga Hamster di Pasar Hewan, Berdasarkan Tipe dan Jenisnya

Namun, ada fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang, yaitu meskipun hiu terlihat ganas dan memiliki kemampuan untuk menyerang manusia, mereka sebenarnya memiliki rasa takut terhadap lumba-lumba. Hal ini dapat dilihat dari pola perilaku mereka, di mana hiu dan lumba-lumba tidak pernah ditemukan hidup di wilayah lautan yang sama. 

Alasan Hiu Takut Lumba-Lumba

Ketika hiu menemukan keberadaan lumba-lumba di sekitarnya, mereka cenderung menghindar dan menjauh, menunjukkan bahwa lumba-lumba sebenarnya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku hiu di lautan. 

Dari sini kita bisa mengetahui, bahwa meskipun hiu adalah predator puncak, mereka tetap memiliki ketakutan terhadap hewan lain yakni lumba-lumba. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Yuk kenali alasannya.

1. Punya tubuh yang mampu membawanya berenang cepatlah 

Secara fisik, tubuh luar atau kulit lumba-lumba cenderung lembut. Hal ini ditambah dengan sendi rangka yang fleksibel sehingga memudahkan lumba-lumba untuk bermanuver dengan cepat dalam pertarungan bersama hiu.

BACA JUGA:Cara-Cara Ini Dapat Membuatmu Disukai Hewan, No. 5 Sering Terjadi

Bidang vertikal ekor hiu membatasi mobilitas ke atas dan ke bawah sementara bidang horizontal ekor lumba-lumba memungkinkan kelincahan dan perubahan arah untuk serangan cepat.

2. Memiliki moncong tumpul dan sirip ekor yang kuat

Moncong lumba-lumba terbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Ketika terdapat gangguan dari hiu, lumba-lumba akan memposisikan diri beberapa meter di bawah hiu lalu meluncur ke atas dengan menusukkan moncongnya ke perut hiu.

Lumba-lumba Orca menggunakan sirip ekor mereka yang sangat kuat untuk membalikkan punggung hiu. Ketika hal itu terjadi, maka hiu sudah tidak bisa bergerak. Setelah itu, hiu akan jadi dimangsa Orca dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: