Amalkan, Ini Manfaat Rutin Membaca Surat Al Waqiah Padal Malam dan Saat Salat Subuh

Amalkan, Ini Manfaat Rutin Membaca Surat Al Waqiah Padal Malam dan Saat Salat Subuh

ilustrasi--

karawangbekasi.disway.id -- Membaca Surat Al Waqiah memiliki pesan mendalam karena  nilai ibadah pahala dan akan memberikan syafaat kelak di hari kiamat.

Surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah. Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. 

Surat Al Waqiah jika dibaca setelah salat subuh

Seperti disebutkan dalam hadits Nabi SAW, bahwa waktu yang tepat membaca Surat Al Waqiah adalah pada malam hari dan saat salat subuh.

BACA JUGA:Coba Ini, Pinjam Online Langsung Cair, Resmi Anti Tipu-tipu

Manfaat orang yang rutin membaca Surat Al Waqiah kelak akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Para ulama menyatakan manfaat membaca surat Al Waqiah pada tiap malam dan setelah salat subuh akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

BACA JUGA:Minimalisir Banjir, DBMSDA Kota Bekasi Mulai Perbaiki Saluran Drainase di Kecamatan

Imam Ahmad bahwa Jabir ibnu Samurah meriwayatkan dahulu Rasulullah Saw mengerjakan salat sebagaimana kalian mengerjakan salat sekarang ini. Tetapi saalat Nabi SAW agak sedikit ringan, dan lebih ringan daripada salat kalian.

Tema Pokok Surat Al Waqiah

Mufasir M Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Surat Al Waqiah tentang Hari kiamat serta penjelasan apa yang akan terjadi di bumi, serta kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang bertakwa dan apa yang akan dialami para pendurhaka perintah Allah SWT kelak di hari kiamat.

Al Biqa'i berpendapat bahwa ada tiga kelompok atau golongan yang diuraikan dalam Surat Al Waqi'ah. Pertama, orang-orang yang dekat dengan Ar Rahman tampil mendahului orang-orang taat yang lain. Kelompok ini disebut As Saabiqun.

BACA JUGA:Iwan Fals Singgung Komaruddin Pengacara Brigadir J: Ini yang Nuduh Istri Saya Palsukan Surat-surat Ormas Oi..

Kelompok kedua orang-orang taat selain mereka As Saabiquun yakni Ashabul Yamin, dan kelompok ketiga, orang-orang yang secara terang-terangan melakukan kedurhakaan dan bersikap munafik baik dari kelompok manusia maupun jin. Mereka ini disebut ashabul masy'amah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: