Saiful Mujani: Ridwan Kamil Ancaman Terbesar untuk Prabowo dan Anies

Saiful Mujani: Ridwan Kamil Ancaman Terbesar untuk Prabowo dan Anies

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menjadi kader Golkar, Rabu (18/1/2023)-foto -ist-

Data ini menunjukkan Jawa Barat tidak solid pada satu tokoh. Ridwan Kamil tidak cukup dominan di Jawa Barat. Jika Prabowo, Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar maju, di Jawa Barat pun Ridwan Kamil tidak bisa menang. Namun Saiful memberi catatan bahwa Ridwan Kamil bisa menghambat suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat. “Jawa Barat terpecah (suaranya),” tegas Saiful.

BACA JUGA:Khusus Warga Karawang Kesempatan Kerja di PT Astra Daihatsu, Buruan Daftar!

Menurut Saiful, Ridwan Kamil memiliki nilai politik di Jawa Barat, setidaknya masuk tiga besar dalam persaingan Pilpres. Jika Ridwan Kamil, misalnya, berkampanye untuk tokoh lain di luar Prabowo dan Anies, hal itu potensial menggerus suara dua tokoh tersebut.

Saiful melanjutkan bahwa jika Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo, maka pasangan ini tinggal memaksimalkan dukungan dari daerah lain.

BACA JUGA:Viral! Netizen Kecam Aksi Nakal Oknum Dishub Kota Bekasi

Jawa Barat yang awalnya dimenangkan secara mutlak oleh Prabowo, tidak akan bisa terjadi seperti itu lagi kalau Ridwan Kamil maju sebagai calon wakil presiden atau menjadi vote-getter untuk mendukung calon presiden selain Prabowo dan Anies. “Itu nilai politik elektoral dari Ridwan Kamil,” pungkasnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: