Link PPDB Jawa Barat Tahun 2023 Untuk SMA Hingga SLB

Link PPDB Jawa Barat Tahun 2023 Untuk SMA Hingga SLB

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat 2023 akan segera dimulai. Registrasi untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB dibuka dalam dua tahap.

Berdasarkan situs resmi PPDB Jabar, tahap pertama PPDB dilaksanakan tanggal 6-10 Juni 2023. Tahap kedua akan dilanjutkan pada 26-28 Juni dan 30 Juni 2023.

Para calon peserta didik baru dan orang tua tentunya perlu mengetahui apa alamat registrasi online untuk hal ini. Apakah detikers sudah tahu?

Link PPDB Jabar 2023


--
Link untuk PPDB Jawa Barat 2023 adalah di https://pendaftaran.ppdb.jabarprov.go.id/login.

BACA JUGA:Informasi PPDB 2023 dI Jabar Dapat Diakses di Aplikasi Sapawarga

Namun, pada tahun ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya. Calon peserta didik baru juga bisa mengakses http:s.id/jabarsuperapps dengan memilih Sapawarga Android atau iOS (iPhone).



PPDB Jabar dibuka dalam 8 jalur, di antaranya afirmasi, perpindahan tugas, prestasi nilai rapor, prestasi kejuaraan, zonasi, prioritas terdekat, nilai rapor umum, dan persiapan kelas industri.

Jadwal PPDB Jabar 2023

BACA JUGA:Resmikan PPDB 2023, Kang Emil: Praktik Pungli akan Ditindak Tegas

1. Tahap

SMA: jalur afirmasi, perpindahan tugas, dan prestasi nilai rapor dan kejuaraan
SMK: jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan, dan persiapan kelas industri
SLB: calon siswa baru SLB mendaftar ke SLB yang sesuai dengan kebutuhan khususnya atau mendaftar ke sekolah umum.

2. Tahap 2


SMA: jalur zonasi
SMK: jalur prestasi dan rapor umum
Apabila tidak lolos tahap pertama, maka dapat mendaftar pada tahap kedua kecuali untuk jalur afirmasi keluarga ekonomi tidak mampu.

BACA JUGA:PPDB SMA/ SMK 2022 Dimulai, Ridwan Kamil: PPDB di Jawa Barat Semakin Adil dan Andal

 

Namun, apabila diterima pada tahap pertama dan tidak diambil, maka harus mengundurkan diri saat daftar ulang ke sekolah penerima. Jika tidak mengundurkan diri, maka sistem akan mengunci dan tidak dapat mendaftar ke tahap 2.

Pendaftaran PPDB Jabar 2023 dilakukan secara daring. Meski demikian, jika ada kendala jaringan atau akses ke situs pendaftaran, maka calon siswa baru bisa mendaftar langsung ke sekolah tujuan.

Bagi siswa pendaftar yang berasal dari luar Provinsi Jawa Barat, tetap dapat mendaftarkan diri sebagaimana peserta dari dalam Provinsi Jabar, tetapi dengan kuota yang disepakati melalui kerja sama antarprovinsi.

BACA JUGA:Tahun Ajaran Baru, PPDB Madrasah Kemenag 2022-2023 Resmi Dibuka, Lihat Jadwal dan Cara Pendaftarannya

Syarat umum PPDB Jabar 2023 adalah kartu keluarga yang sudah 1 tahun atau lebih. Jika masih belum genap 1 tahun karena adanya perubahan, maka anggota keluarga dapat melampirkan surat keterangan dari RT atau RW yang menjelaskan tentang lamanya domisili.

Perlu diketahui juga, pada PPDB jalur persiapan kelas industri SMK, mata pelajaran yang dihitung hanya mapel agama, PPKn, bahasa Indonesia, matematika, IPA, dan bahasa Inggris.***


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: