Ampuh Atasi Stunting, Purwakarta Mulai Budidaya Ikan Nila di Seluruh Situ

Ampuh Atasi Stunting, Purwakarta Mulai Budidaya Ikan Nila di Seluruh Situ

Bupati Purwakarta tebar benih ikan nila di Situ Kampung Mekarsari--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Budidaya ikan nila di embung atau situ sebagai tempat penampungan air, bakal terus digaungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Wajar saja, ikan nila kaya sumber gizi yang baik bagi masyarakat menjadi katahanan pangan hingga bisa membantu mencegah stunting yang kini menjadi perhatian pemerintah.

Seperti yang dilakukan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama masyarakat Desa Citalang melakukan tebar benih ikan nila di kawasan Situ Mekarsari pada Selasa, 06 Juni 2023.

Kata Ambu Anne -sapaan karibnya- tak kurang dari 100.000 benih ikan ditebar sebagai upaya restocking. 

"Kegiatan ini merupakan awal dari restocking yang dimulai dari Desa Citalang yang kebetulan ada embung air atau situ, sehingga beberapa beberapa bulan kedepan ikan-ikan tersebut akan menjadi pengadaan gizi dan protein hewani untuk masyarakat sekitarnya juga sebagai ketahanan gizi masyarakat," jelas dia.

Menurut Ambu Anne, embung air atau situ tersebut selama ini sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar oleh warga setempat.

"Setelah ini, nantinya masyarakat dapat memanfaat kan dengan cara dipancing dan sebagainya, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi hewaninya," jelasnya.

Ambu Anne juga mengungkapkan, selain di Desa Citalang kedepan, restocking benih ikan akan dilaksanakan di 17 kecamatan yang terdapat embung air atau situ.

"Program ketahanan pangan bersama dinas perikanan dan peternakan, hal ini akan dilakukan situ-situ milik pemerintah seperti Situ Buleud, Situ Wanayasa dan Situ Cijunti. Nantinya akan  menjadi pusat ketahanan pangan," tukas dia. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: