18 Agustus Beroperasi, Pengamanan Proyek Kereta Cepat di Karawang Dikawal Ketat Polres hingga Brimob Jabar

18 Agustus Beroperasi, Pengamanan Proyek Kereta Cepat di Karawang Dikawal Ketat Polres hingga Brimob Jabar

Uji Coba Tahap Awal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Okky firmansyah/diswayjabar)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebanyak 50 personel Polres Karawang, diterjunkan untuk perketat pengamanan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebagai proyek strategis nasional.

"Jadi personel dari kami berjumlah 50 dan ditambah bantuan satu peleton Brimob Jawa Barat untuk memperketat pengamanan KCJB," kata Wakapolres Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo pada Rabu 07 Juni 2023.

Menurut dia, pengamanan mulai dari area jalur kereta cepat yang berada di wilayah Karawang. Termasuk area Stasiun KCJB Karawang yang ada di wilayah Desa Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat.

Pengamanan ini sangat penting guna memastikan progres pembangunan berjalan sesuai target dan juga memastikan keselamatan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Kami bersama-sama dengan pihak KCJB untuk memastikan setiap keamanan jalur dan seluruh area proyek kereta cepat," jelas Prasetyo.

Sementara itu, Manager Corporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti meminta masyarakat tidak masuk jalur KCJB. Pasalnya, dapat membahayakan diri dan juga kereta yang melaju sangat cepat.

"Kami akan terus meningkatkan pengamanan di seluruh wilayah proyek serta sosialisasi ke msyarakat agar tidak masuk jalur KCJB karena ini dapat membahayakan," kata Emir di Stasiun KCJB Karawang pada Selasa 06 Juni 2023.

Kecepatan kereta itu maksimal sampai 360 kilometer per jam. Maka, kondisi ini akan sangat membahayakan jika ada warga yang masuk area jalur kereta.

Kata Emir, pihaknya juga akan dibantu kepolisian untuk bersama menjaga area jalur kereta cepat ini. "Termasuk ini juga sebagai pengamanan dari tindakan pencurian komponen penting proyek kereta cepat ini," jelas dia.

Ia menambahkan, progres KCJB ini sudah diatas 89 persen. Untuk Stasiun Karawang ini sudah sekitar 90 persen. "Dan ditargetkan beroperasi 18 Agustus 2023 nanti," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: