Mahasiswa Farmasi Unsika Kenalkan Manfaat Kunyit ke Warga Plawad, Cegah Bahaya Obat Sintetis

Mahasiswa Farmasi Unsika Kenalkan Manfaat Kunyit ke Warga Plawad, Cegah Bahaya Obat Sintetis

PENYULUHAN: Mahasiswa Farmasi Unsika mengenalkan tanaman herbal kepada warga Plawad yang mudah didapat dari lingkungan rumah, seperti kunyit yang difokuskan dalam penyuluhan itu. -Istimewa-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakulats Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) gelar penyuluhan kesehatan ke masyarakat Plawad, Kamis (20/7). Mereka mengenalkan tanaman herbal kepada warga yang mudah didapat dari lingkungan rumah, seperti kunyit yang difokuskan dalam penyuluhan itu. 

 

Tema yang bertajuk 'Bahaya Obat-obatan dengan Upaya Preventif dan Inovatif  Menggunakan Obat Keluarga' itu mahasiswa didampingi Dosen mengenalkan bahaya obat dan cara mencegahnya dari tanaman herbal kepada warga. 

 

Ketua Pelaksana Penyuluhan Kesehatan, Nurhadis, mengatakan penyuluhan itu memperkenalkan kepada warga tentang bahaya obat sintetis atau obat modern yang dibuat dari bahan sintetik yang diolah secara modern. 

 

"Diharapkan dapat mengenal bahaya obat-obatan sintetis yang nantinya itu bisa ditanggulangi dengan tanaman obat keluarga," kata Nurhadis kepada KBE. 

 

Selain itu, pihaknya juga mengenalkan sebuah produk berbahan dasar dari kunyit yang diolah menjadi minuman, 'Curcumely' dengan berbagai macam rasa. 

 

"Produk itu bisa dipasarkan dengan tanaman tradisional, dan juga ada materi digital marketing. Selain materi peserta juga diberi workshop bagaimana pengelolaan dari obat tanaman itu," katanya. 

 

Ketua Himpunan Mahasiswa Farmasi Unsika, M. Naufal NH, mengatakan penyuluhan itu juga memberikan pelayanan cek kesehatan dan konsultasi kesehatan tanpa dipungut biaya sebagai pengabdian mahasiswa ke masyarakat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: