Terkait Limbah Pabrik Bakso, Camat Jatisampurna Akui Sudah Beri Teguran Lisan

Terkait Limbah Pabrik Bakso, Camat Jatisampurna Akui Sudah Beri Teguran Lisan

Penampakan pipa saluran pembuangan limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, langsung dibuang ke Sungai Cikeas foto diambil saat gabungan pencinta lingkung melakukan susur sungai, pada 23 Juli 2023-foto amin-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Camat Jatisampurna, Kota Bekasi, Nata Wirya mengakui telah memberikan teguran secara lisan kepada pemilik Pabrik Bakso yang beroperasi di Kelurahan Jatirangga. Namun dia mengakui jika belum melihat secara langsung ke lokasi limbah.

"Teguran lisan sudah melalui whatsApp. Setiap link berita online disway saya teruskan ke bos Pabrik Bakso tersebut dengan meminta agar diperbaiki sistem pembuangannya,"ungkap Nata Camat Jatisampurna kepada KBE Senin 7 Agustus 2023.

Diakuinya bahwa pihak pengelola pabrik bakso di Jatirangga menyatakan kesiapannya terkait pembenahan limbah meliputi IPAL dan lainnya.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Dibuang Melalui Saluran Warga

Nata pun mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada laporan tindak lanjutnya dari perusahaan produksi bakso setelah ada laporan dari warga terkait limbah tersebut. Selain itu dikonfirmasi apakah Bidang Penindakan DLH Kota Bekasi sudah turun melakukan penindakan Nata juga mengakui belum tahu.

"Saya belum ke lokasi untuk melihat langsung terkait pengolahan limbah pabrik Bakso di Jatirangga tersebut, apakah IPAL sudah maksimal apa ga. Tapi bos nya saat menjawab WA saya enak menyatakan kesiapan untuk memperbaiki sistem pembuangan limbah,"papar Nata.

BACA JUGA:TPS Liar di Jatirangga Ditutup, Saluran Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas Belum Tersentuh

Dikonfirmasi apakah pihak kecamatan kecolongan terkait adanya limbah pabrik bakso yang langsung menjurus ke Sungai Cikeas, Nata mengakui hal itu karena selama menjabat sebagai camat baru mendapat laporan tersebut.

"Saya kan baru di sini,  ga tau kalo ga ada limbah Pabrik Bakso yang langsung dibuang ke Sungai Cikeas kalo bukan dari pemberitaan media online ini,"tandasnya.

BACA JUGA:Dinas LH Tak Respon Soal TPS Liar dan Saluran Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Menurutnya berdasarkan pengalaman biasanya pengolahan limbah yang dilaksanakan perusahaan terkadang IPAL itu hanya untuk menggugurkan kewajiban. Sehingga fungsinya tidak maksimal.

Sementara itu pihak Perusahaan Pabrik Bakso di Jatirangga saat kembali di konfirmasi media ini, pihak keamanan tetap tidak memberi akses untuk bertemu dengan pihak manajemen dengan alasan bosnya masih di luar negeri.

BACA JUGA:Lurah Jatirangga Ajak Bersih-bersih Sampah di Sungai Cikeas, Ayo Hadir dan Catat Waktunya!

Suyitno, salah satu keamanan saat dipertanyakan masalah limbah, dirinya menyatakan tidak mengetahui jika ada komplain dari warga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: