Intake SPAM Teluk Buyung mampu Tambah Kapasitas Air Baku PDAM TP

Intake SPAM Teluk Buyung mampu Tambah Kapasitas Air Baku PDAM TP

Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir. Diana Kusumastuti--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir. Diana Kusumastuti, menyambut baik dan mengapreasiasi upaya Pemkot Bekasi dan PDAM Tirta Patriot melakukan relokasi intake SPAM Teluk Buyung Tirta Patriot.

"Inteke ini menyambung untuk air baku spam di kota Bekasi. Menambahkan kapasitas air yang ada di Kota Bekasi," ucapnya.

Dikatakan, pemindahan intake Teluk Buyung  akan memperbaiki pelayanan dan meningkatkan cakupan kepada masyarakat dan tentu meningkatkan kinerja PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi.

BACA JUGA:PDAM TP Launching Relokasi Intake SPAM, Mahasiswa : Masyarakat Minta Percepatan Air Bersih

Ia juga berharap penyerapan pemanfaatan air baku sumber air kali Malang sebanyak 300 kubik mampu terserap sejalan dengan program peningkatan sambungan layanan air bersih kepada masyarakat berjalan dengan baik.

"Semakin banyak pelanggannya Jatiluhur hanya mendapat 300 liter per detik. Langsung serap. Sampai Agustus 2024, 300 liter per detik terserap, jika  masih ada sisa ditambahkan ke Bekasi," ucapnya.

BACA JUGA:Perumda Tirta Patriot Launching Perencanaan Pemindahan Intake Air Baku dari Kali Bekasi ke Kalimalang

Ia juga mengapresiasi laporan kinerja BUMD Tirta Patriot Kota Bekasi dan Pemerintah Kota Bekasi secara dalam kategori sehat tiga tahun berturut-turut.

"Kota Bekasi total 130.934 sambungan langsung. Atau pelayanan baru 26-29 persen. Dilihat dari buku kinerja BUMD setiap tahun bersama auditnya dengan BPKP Perumda PDAM Tirta Patriot masuk kategori sehat dan selama tiga tahun berturut sehat terus. Direktur dan walikota. Nah tingkat kehilangan bagus 13.46 persen. Dari nasional 35 persen jadi cukup bagus harus ada reward," ucapnya.

BACA JUGA:Mantan Komisioner Laporkan ASN dan Wali Kota Bekasi ke Bawaslu Terkait Netralitas

Meski masuk dalam kinerja BUMD sehat tiga tahun berturut nyatanya, ada poin catatan Kementerian PUPR terkait kualitas air bersih yang diproduksi PDAM Tirta Patriot.

Namun dari segi kualitas yang diterima pelanggan itu hanya 4.18 persen, yang bagus. Artinya kita perlu meningkatkan lagi 26.9 persen kualitasnya juga bersih. Bahwa airnya kotor bayangkan saja. Kita saat ini kemarau panjang, polusi kalau layaknya Bekasi ini kapasitas 700 liter per detik.

BACA JUGA:Laporan soal Oknum Ormas Ditolak di Polrestro Bekasi Kota, Ketum PKN Segera Lapor ke Polda

"Kondisi saat ini hanya 3 liter per detik. Hilang ini polusi semakin pekat. Ini tugas kita pemerintah daerah dan pusat," ucapnya.

Direktur PDAM Tirta Patriot, Dirut PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Ali Imam Faryadi, mengatakan dalam menyelesaikan persoalan pelayanan air bersih mendapatkan dukungan Pemerintah Kota Bekasi, tidak terkecuali saat kembali terjadi pencemaran Kali Bekasi yang mengganggu produksi air bersih.

BACA JUGA:Ketua Panwascam Jatiasih Dilaporkan Ke Bawaslu Kota Bekasi, Diduga Langgar Kode Etik

"Gerak cepat dukung Pemkot Bekasi walikota Bekasi hari ini kita meresmikan perencanaan Intel relokasi air baku kali Bekasi ke kali Malang. Untuk memenuhi Kebutuhan air bagi 40 RB warga di wilayah Utara dan sekitarnya. Kita ada izin SIPA  650 lps atau 0.65 kubik. Jadi satu kubik kurang. Pada rapat di BBWS Citarum kita sudah mendapatkan lampu hijau pindah titik dari kali Bekasi ke kali Malang," ucapnya

Terkait relokasi Intek SPAM Teluk Buyung ini pihaknya berharap dukungan semua pihak baik Pemerintah pusat, Pemprov Jabar dan Pemkot Bekasi dalam menyelesaikan persoalan air bersih di Kota Bekasi.

BACA JUGA:Aksi Kejahatan di Wilayah Hukum Polsek Telagasari Kian Meningkat

"Urgensi dari sebuah relokasi ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan terkait pengembangan layanan kami di Kota Bekasi," ucapnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: