Sako Ma'arif NU Karawang Resmi Terbentuk, Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Aswaja Melalui Gerakan Pramuka

Sako Ma'arif NU Karawang Resmi Terbentuk, Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Aswaja Melalui Gerakan Pramuka

Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Karawang resmi membentuk Satuan Komunitas (Sako) Ma'arif NU Karawang di Sekolah LP Ma'arif NU Karawang, Dusun Ciselang, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Karawang, Sabtu (13/1/2024).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Karawang resmi membentuk Satuan Komunitas (Sako) Ma'arif NU Karawang di Sekolah LP Ma'arif NU Karawang, Dusun Ciselang, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Karawang, Sabtu (13/1).

Ketua LP Ma'arif NU Karawang, Heru Saleh mengatakan, dalam kegiatan pembentukan yang dihadiri ketua PCNU Karawang, Rais Syuriyah PCNU Karawang, Pinsako Ma'arif PWNU Jabar, Sako Ma'arif NU Nasional, dan perwakilan lembaga pendidikan mulai jenjang dasar hingga menengah, melahirkan Darmanto sebagai ketua Sako Ma'arif NU Karawang.

"Alhamdulillah, Sako Ma'arif NU Karawang yang merupakan satuan komunitas yang berada di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Karawang yang mengelola kegiatan dan pembinaan di bidang kepramukaan resmi terbentuk," ujar Heru, kepada KBE, di sela acara, Sabtu (13/1/2024).

Heru menjelaskan, latar belakang dibentuknya Sako Ma'arif yaitu untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma'arif. Secara garis besar, Sako Ma'arif memiliki bentuk dan konsep yang sama dengan pramuka pada umumnya.

BACA JUGA:Bawaslu Dalami Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu Artis Verrel Bramansta, Caleg DPR RI Dapil 7 dari PAN

Tetapi, perbedaan yang menonjol yaitu Sako Ma'arif lebih religius secara kegiatan dan menginduk kemaarifan, selaras dengan tujuan utama yaitu menciptakan pendidikan pramuka yang berkarakter keagamaan.

"Sako Ma'arif ini bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah atau Aswaja dan berkualitas melalui gerakan pramuka," ucapnya.

"Setelah pembentukan Sako Ma'arif ini, agenda selanjutnya yaitu menggelar Jambore Sako Ma'arif tingkat Kabupaten Karawang pada Agustus 2024," sambungnya.

Lebih lanjut Heru menyampaikan, LP Ma’arif NU telah melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 20-23 November 2023 lalu. Rakernas LP Ma'arif NU tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi baik internal maupun eksternal.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Sekarang Mitsubishi Sun Motor Cibubur Melayani Bodi dan Cat

"Ada lima rekomendasi Rakernas LP Ma'arif NU yang dihasilkan untuk eksternal, salah satunya yaitu anggaran pendidikan yang berkeadilan. Anggaran Pendidikan yang berkeadilan menurut LP Ma’arif NU harus memberikan rasa keadilan pendanaan pendidikan yang sama kepada sekolah dan madrasah baik melalui APBD kabupaten/kota maupun APBD provinsi. Semoga terwujud," katanya.

Pinsako Ma'arif PWNU Jabar, Acep Nurlaeli mengucapkan selamat atas terbentuknya Sako Ma'arif NU Karawang. Ia menyebutkan, dengan berdirinya Sako Ma'arif NU Karawang, kini total ada 19 Sako Ma'arif dari 27 kota/kabupaten yang ada di Jabar.

"Kami berharap keberadaan Sako Ma'arif bisa berkontribusi positif dalam rangka menggerakkan pendidikan terutama menguatkan pendidikan karakter melalui pramuka di satuan pendidikan jenjang dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Selain itu, bisa berkontribusi dalam mengawal agenda kegiatan terutama mendampingi kegiatan-kegiatan di bawah NU," harapnya.

BACA JUGA:HEBOH!! Carok Massal di Madura, 4 Orang Tewas Bersimbah Darah, Korban Penuh Luka Bacok, Begini Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: