Antisipasi Gagal Panen, Pemkab Bekasi Penuhi Kebutuhan Petani di Kabupaten Bekasi

Antisipasi Gagal Panen, Pemkab Bekasi Penuhi Kebutuhan Petani di Kabupaten Bekasi

Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya memikirkan nasib para petani dalam mengantisipasi lahan sawah yang tidak terus menerus mengalami gagal panen.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya memikirkan nasib para petani dalam mengantisipasi lahan sawah yang tidak terus menerus mengalami gagal panen.

Seperti diketahui, sedikitnya para petani di wilayah utara Kabupaten Bekasi itu mengeluh lantaran ketersediaan pupuk yang minin ditambah dengan saluran perairan irigasi yang kurang baik.

Menanggapi keluhan petani, Pemkab Bekasi mulai memetakan dalam pendistribusian benih gratis, pemberian diskon pupuk hingga memperbaiki saluran irigasi dengan cara menormalisasi saluran air tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyampaikan berkaitan dengan ketersediaan pupuk dan air merupakan salah satu kebutuhan inti dan pokok bagi para petani di Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Senin 5 Februari 2024, Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Pagi Ini Hingga Malam Nanti

Kendati demikian, saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga & Bina Kontruksi  berencana melakukan normalisasi sungai-sungai di Kabupaten Bekasi. 

"Tadi kita juga ada keluhan petani mengenai air irigasi. Ini sedang kita lakukan mulai dari normalisasi-normalisasi sungai dan Saluran Sekunder (SS). Memang belum semua tapi kita lanjutkan di 2024 ini agar air sampai ke sawah dengan sebaik-baiknya," kata Dani Ramdan pada Senin (05/02).

Dani mengaku pihaknya juga tengah menyiapkan bantuan pupuk subsidi bagi para petani apabila terjadi gagal tanam dan gagan panen saat musim penghujan. Tujuannya agar para petani bisa segera menanam padi secepatnya.

BACA JUGA:Sepanjang Januari 2024, Polres Metro Bekasi Tangkap Puluhan Pelaku Curanmor dan Begal

"Kita telah menugaskan penyuluh untuk selalu memantau sehingga kalau ada kesulitan, permasalahan pupuk dan benih akan terdeteksi dengan kita." tukasnya. (Iky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cikarang ekspress