Kirab Budaya Cap Go Meh 2024 Karawang, Bupati Minta Jaga Selalu Kebersamaan

Kirab Budaya Cap Go Meh 2024 Karawang, Bupati Minta Jaga Selalu Kebersamaan

Ribuan masyarakat Kabupaten Karawang tumpah ruah memadati acara Kirab Budaya Cap Go Meh tahun baru Imlek 2575 atau tahun 2024 yang digelar di Jalan Tuparev, Kabupaten Karawang pada Minggu, 25 Februari 2024.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ribuan masyarakat Kabupaten Karawang tumpah ruah memadati acara Kirab Budaya Cap Go Meh tahun baru Imlek 2575 atau tahun 2024 yang digelar di Jalan Tuparev, Kabupaten Karawang pada Minggu, 25 Februari 2024.

Kirab Budaya Cap Go Meh 2024 bertema memupuk persaudaraan. Acara ini disemarakkan dengan iring-iringan puluhan barongsai dan patung dewa dari berbagai klenteng dari seluruh penjuru Indonesia.

Bupati Aep Syaepuloh beserta jajaran Forkopimda turut hadir dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kelenteng Bio Kwan Tee Koen.

Kehadiran istri Presiden Indonesia ke-4, Sinta Nuriyah Wahid menambah acara tersebut semakin spesial.

BACA JUGA:Pemilu 2024 Membawa Duka, Ratusan Petugas Meninggal Dunia

Bupati Aep mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan acara dengan baik. Ia juga sangat mengapresiasi kehadiran Sinta Nuriyah Wahid dalam Kirab Budaya Cap Go Meh 2024.

"Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggaraan cap go meh dan ruwat bumi yang hari ini pun dihadiri oleh ibu Sinta Nuriyah Wahid, istri mantan presiden ke 4 Republik Indonesia, yang telah berkenan hadir mulai pukul 11 siang," ujar, H Aep Syaepuloh, Minggu, 25 Februari 2024.

Bupati menekankan agar segala keberagaman yang dimiliki masyarakat Kabupaten Karawang, baik dalam bidang agama, seni, dan budaya untuk selalu bisa saling menghormati dan menghargai demi terwujudnya kebersamaan.

"Keberagaman ini menjadi sebuah kebersamaan dan toleransi antar umat beragama. Kita harus bisa aling menghargai dan menghormati serta kita harus padukan, satukan menjadi kebersamaan," ucap Bupati Aep.

BACA JUGA:Percepat Proses Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara dari 7 Desa, Camat Ciksel Fasilitasi Penambahan Panel

Selain itu, Bupati Aep juga akan menjadikan acara Kirab Budaya Cap Go Meh sebagai agenda  acara budaya tahunan bagi masyarakat Kabupaten Karawang.

"Diharapkan event Cap Go Meh ini menjadi agenda tahunan Kabupaten Karawang, karena cara ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat," ungkap Bupati Aep.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Hartono menyampaikan, perayaan Cap Go Meh merupakan puncak acara Imlek yang jatuh pada malam kelima belas. Perayaan ini menandai akhir dari rangkaian perayaan Imlek atau Tahun Baru Tionghoa yang dimulai sejak tanggal 1 hingga 15 pada bulan pertama kalender lunar.

Ia memaparkan, Kirab Budaya Cap Gomeh ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Tionghoa maupun lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/