BUKAN OMON-OMON! Kali Pertama Pemkab Karawang Angkat Pejabat Lewat Manajemen Talenta, Ini Tahapannya!

BUKAN OMON-OMON! Kali Pertama Pemkab Karawang Angkat Pejabat Lewat Manajemen Talenta, Ini Tahapannya!

Bupati Karawang Aep Syaepuloh dipastikan akan menuntaskan promosi, rotasi dan mutasi mengisi seluruh kursi kosong jabatan strategis di lingkup Pemda Karawang pada Maret 2024 ini.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bupati Karawang, Aep Syaepuloh dipastikan akan menuntaskan promosi, rotasi dan mutasi mengisi seluruh kursi kosong jabatan strategis di lingkup Pemda Karawang pada Maret 2024 ini.

Perombakan ini didasarkan terutama dari hasil uji kompetensi 17 orang pejabat eselon II maupun sisa dari 9 orang pejabat eselon III yang masuk box talenta.

Sebelumnya santer terdengar ada 9 orang pejabat eselon III dimana diantaranya dipertimbangkan naik ke eselon II berdasarkan management talenta. Bahkan kabarnya akan ikut dilantik Jum’at sore, 1 Maret 2024. Namun baru 3 orang yang telah dikukuhkan promosi jabatan.

Dan untuk pertama kalinya, Karawang ‘pecah telur’ mengangkan jabatan tinggi pratama (JPT) melalui manajemen talenta yang menegaskan keseriusan Pemkab Karawang menjalankan prinsip merit sistem.

BACA JUGA:BUKAN OMON-OMON! Kali Pertama Pemkab Karawang Angkat Pejabat Lewat Manajemen Talenta, Ini Tahapannya!

Aep sendiri menyatakan bahwa mutasi atau rotasi bakal kembali digelar pekan depan. Penundaan pelantikan 17 orang pejabat eselon II di posisi barunya atau yang dikukuhkan kembali pada kursinya selama ini masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Dari total 586 instansi dan lembaga, diantaranya 416 pemkab, 98 pemkot, 38 pemprov serta 34 kementerian, baru 14 yang melaksanakan manajemen talenta. Dari 14 itu salah satunya Karawang. Ini pertama kalinya kita menggunakan sistem talent pool dalam pengisian jabatan tinggi pratama,” tandasnya.

Tidak Ada Jual-Beli Jabatan

Sebelumnya, Pemkab Karawang menggelar rotasi, mutasi, dan promosi jabatan jilid II di era kepemimpinan Bupati Aep Syaepuloh. Sebanyak tiga pejabat mendapatkan promosi untuk menduduki kursi Kepala DLH, Satpol PP, dan Sekwan

BACA JUGA:Pustakling Disarpus Kabupaten Karawang Kunjungi Taman Baca Pelosok Bumi di SDN Wanajaya III Telukjambe

Pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkungan Pemkab Karawang digelar di Aula Husni Hamid Pemda Karawang pada Jumat, 1 Maret 2023.

Kepala BKSDM Asep Aang, mengatakan, terdapat sebanyak 54 ASN yang masuk kedalam daftar rotasi, mutasi, dan promosi jabatan jilid II tersebut.

"Dalam rotasi, mutasi dan promosi ini, ada 3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 19 orang Pejabat Administrator, 24 orang Pejabat Pengawas dan 8 orang menjadi Kepala Puskesmas," ujar Asep Aang, Jumat, 1/3/2024.

Ia mengatakan, rotasi, mutasi, dan promosi tersebut dilakukan menggunakan sistem merit yang telah sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentag ASN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/