Melalui DPMD, Pemkab Karawang Terus Dorong Pembangunan Desa dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Melalui DPMD, Pemkab Karawang Terus Dorong Pembangunan Desa dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) miliki program BSMSS dan TMMD untuk membangun desa yang berbasis lingkungan hidup berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana, dan perubahan iklim.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) miliki program BSMSS dan TMMD untuk membangun desa yang berbasis lingkungan hidup berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana, dan perubahan iklim.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang sedang mempercepat pembangunan daerah di segala sektor dari kota hingga ke pedesaan. 

Melalui DPMD, Pemkab Karawang terus mendorong pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Untuk menunjang hal tersebut, DPMD Kabupaten Karawang miliki dua program yang dilakukan bersama dengan Kodim 0604/Karawang.

BACA JUGA:Aksi Heroik TNI Gagalkan Begal, Pj Bupati Bekasi Berikan Penghargaan

Kasubag Program dan Pelaporan DPMD Kabupaten Karawang, Okky Trisnadhi menyampaikan, dua program itu adalah Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Kedua program ini akan dilaksanakan di dua desa. Dan program ini juga sudah sesuai dengan tema pembangunan kita di tahun 2024, yaitu, lingkungan hidup yang berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim," terang Okky, Senin, 4/3/2024.

Ia memaparkan, kedua program ini ditargetkan bisa rampung dalam waktu 30 hari kerja. Untuk program BSMSS, pihaknya masih menunggu informasi lanjutan dari Kodim 0604/Karawang mengenai waktu dan tempat pelaksanaanya.

"Kalau untuk TMMD, pelaksanaanya di Desa Sindang Mukti, Kecamatan Kutawaluya, sudah berjalan dari 20 Februari 2024 dan ditargetkan selesai di 20 Maret 2024 nanti," ujar Okky.

BACA JUGA:Penjabat Bupati Bekasi Lantik dan Sumpah Jabatan Terhadap 1.714 PPPK

Sedangkan untuk anggarannya, kata dia, program BSMSS menggunakan anggaran sebanyak 1,5 Miliar dan program TMMD sebesar 1 Miliar yang diambil dari APBD Kabupaten Karawang tahun 2024.

Ia menuturkan, dalam program BSMSS, akan dilakukan pembangunan drainase lingkungan, sarana air bersih, peningkatan jalan setapak, dan perbaikan rumah layak huni (rulahu).

"Kalau untuk program TMMD, desain pengerjaannya sama seperti BSMSS, tetapi ditambahkan dengan pembangunan turap," kata Okky.

Menurutnya, pembangunan drainase lingkungan, sarana air bersih, peningkatan jalan setapak, dan turap dapat menjadi langkah antisipasi bencana alam dan menjaga lingkungan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kbedisway