Melalui DPMD, Pemkab Karawang Terus Dorong Pembangunan Desa dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Melalui DPMD, Pemkab Karawang Terus Dorong Pembangunan Desa dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) miliki program BSMSS dan TMMD untuk membangun desa yang berbasis lingkungan hidup berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana, dan perubahan iklim.--

BACA JUGA:Senin 4 Maret 2024, Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Pagi Ini Hingga Malam Nanti

"Sebelumnya kami telah melakukan survey dulu, apa saja yang diperlukan oleh desa itu. Di tahun ini, kami akan membangun turap dan jaling. Karena sudah banyak yang rusak, kalau rusak kan bisa mengakibatkan bencana, seperti banjir," ungkap Okky.

Sementara untuk perbaikan rulahu, pihaknya akan merenovasi rumah warga berdasarkan kepemilikan tanah. "Jadi, nanti dilihat dulu status ekonominya dan sertifikat tanahnya harus milik pribadi," pungkas Okky.

Ia mengungkapnya, dalam kedua program tersebut, pihaknya akan memprioritaskan desa-desa yang masih memiliki tingkat indeks desa membangun (IDM) yang rendah berdasarkan penilaian dari Kementrian Desa (Kemendes).

"Selain dilihat dari tingkat IDM, kami juga memprioritaskan desa yang masih masuk kedalam daftar kemiskinan ekstrim atau KE," tutur Okky.

BACA JUGA:PBVSI Karawang Incar Tiket Porprov Jabar 2026, Jaring Atlet Lewat Kejurkab Bola Voli Antarklub

Okky meminta kepada seluruh pemerintah desa (Pemdes) untuk terus mendukung program Pemkab Karawang. Agar tujuan percepatan pembangunan daerah dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan di Kabupaten Karawang ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk Pemdes. Pemdes memiliki peran yang sangat penting untuk bisa mengelola pembangunan di tingkat pedesaan," tutup Okky. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kbedisway