Jangan Lupa Amalkan, Tips Khatam Al-Quran 30 Juz Selama Bulan Ramadhan

Jangan Lupa Amalkan, Tips Khatam Al-Quran 30 Juz Selama Bulan Ramadhan

Tips Khatam Al-Quran 30 Juz Selama Bulan Ramadhan (Pixabay/Pexels)-Pixabay: Pexels-

KBEONLINE.ID - Bulan Ramadan menjadi peluang bagi umat Muslim untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pahala. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan khatam Al-Quran 30 Juz selama bulan Ramadhan secara keseluruhan.

Menyelesaikan Al-Quran dalam waktu singkat memang merupakan tantangan yang tidak mudah. Al-Quran memiliki 30 juz dengan total 6.236 ayat. Bagaimana caranya untuk menyelesaikan membaca seluruh Al-Quran 30 juz selama Ramadhan? bulan Ramadhan menjadi peluang bagi umat Muslim untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pahala. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyelesaikan bacaan Al-Quran secara keseluruhan.

Menyelesaikan Al-Quran dalam waktu singkat memang merupakan tantangan yang tidak mudah. Al-Quran memiliki 30 juz dengan total 6.236 ayat. Bagaimana caranya untuk khatam Al-Quran 30 juz selama bulan Ramadhan?

Tips khatam Al-Quran Selama bulan Ramadhan

1. Menyeimbangkan Kapasitasmu dan Sasaran

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan adalah menyesuaikan kapasitasmu dan sasaran.

Pahami kemampuanmu dalam membaca dalam satu sesi, contohnya, untuk membaca 2 halaman mungkin memerlukan waktu 5 menit.

Namun, jika kamu merasa belum lancar atau mengalami kesulitan, waktu yang dibutuhkan untuk membaca 2 halaman akan lebih lama.

Dalam hal ini, jika kamu berencana menyelesaikan 30 juz dalam sebulan, pastikan untuk menyediakan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sudah mahir.

Jika kamu masih merasa kurang siap, maka tidak ada salahnya untuk menunda menetapkan target. Lebih baik untuk mempelajari tajwid atau cara membaca yang lebih baik dengan teliti terlebih dahulu.

Hindari terlalu terburu-buru atau ambisius dalam menyelesaikan Al-Quran ketika kemampuan membaca masih perlu ditingkatkan.

Cukuplah dengan belajar setiap hari karena pahala dari setiap huruf yang kamu baca tetap akan diperbanyak.

2. Membaca 1 Juz Setiap Hari

Karena bulan Ramadhan berlangsung sekitar 30 hari dan jumlah juz dalam Al-Quran sama dengan 30, maka untuk menyelesaikannya, kamu harus membaca satu juz setiap hari.

Kamu bisa membaca sekali duduk atau membaginya dalam beberapa sesi dalam sehari.

Waktu-waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca Al-Quran adalah setelah sholat fardu, setelah berbuka puasa, setelah tarawih, atau saat waktu senggang lainnya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mencapai target membaca satu juz setiap hari.

3. Membaca 2 Lembar Setiap Shalat Fardhu

Secara umum, Al-Quran memiliki 600 halaman. Namun, jumlah lembar tersebut bisa berubah sesuai dengan edisi cetakannya. Jika dibagi dengan 30 hari dalam sebulan, maka kita perlu membaca 20 halaman setiap harinya.

Jika seseorang mampu membacanya dalam satu waktu, tentu akan lebih efisien. Namun, jika merasa terlalu berat, alternatifnya adalah membacanya setiap selesai menunaikan shalat lima waktu.

Cara untuk menyelesaikan membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan adalah dengan membaca 20 halaman, yang dibagi menjadi 2 halaman setiap kali melaksanakan shalat.

Metode ini lebih mudah dilakukan bagi mereka yang kesulitan membaca Al-Quran dalam satu waktu dan membutuhkan waktu yang lebih singkat.

4. Menyimpan Bacaan di Awal Ramadhan

Setiap tahun, umat Muslim menyambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Di awal Ramadhan, mereka cenderung sangat rajin dalam beribadah, termasuk membaca Al-Quran. Oleh karena itu, menyimpan bacaan Al-Quran di waktu-waktu awal tersebut adalah keputusan yang tepat.

Hal ini dikarenakan pada pertengahan hingga akhir Ramadhan, semangat untuk beribadah cenderung mengendur atau tidak sekuat di awal bulan. Kemungkinan mereka juga lebih banyak berkegiatan di luar rumah, seperti acara ngabuburit, sahur bersama, atau buka puasa bersama yang dapat menghabiskan banyak waktu.

5. Membaca Antara Waktu Adzan dan Iqamah

Kamu tidak harus menunggu setelah menunaikan shalat untuk membaca Al-Quran; kamu bisa memanfaatkan waktu antara adzan dan iqamah.

Beberapa menit tersebut dapat efektif digunakan untuk melanjutkan bacaan, daripada tidak melakukan apapun sama sekali.

Jika dilakukan secara rutin selama satu bulan, maka mencapai target khatam 30 juz menjadi lebih mudah.

Selain membaca mushaf, kamu juga dapat menggunakan waktu antara adzan dan iqamah untuk membaca tafsir Al-Quran agar lebih memahami dan mampu mengamalkannya.

6. Melakukan Tadarus Bersama

Jika membaca Al-Quran sendiri membuatmu kurang konsisten, mengajak atau bergabung dengan orang lain bisa menjadi solusi yang tepat.

Membaca bersama akan memberikan semangat baru karena tidak dilakukan sendirian. Selain itu, kamu juga dapat menjalin silaturahmi sebelum atau setelah ber-tadarus bersama.

Cara untuk menyelesaikan membaca Al-Quran dalam satu bulan ini juga dapat diterapkan saat berada di luar rumah, seperti di masjid atau tempat pertemuan lainnya.

Nah itulah beberapa tips khatam Al-Quran selama bulan Ramadhan yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa gunakan kesempatan bulan yang suci ini untuk mendulang pahala ya!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: