Hindari Mengkonsumsi 9 Makanan Ini Saat Sahur Kalau Gak Mau Batal Tengah Hari

Hindari Mengkonsumsi 9 Makanan Ini Saat Sahur Kalau Gak Mau Batal Tengah Hari

Tips Sahur-Tips Sahur-Langit7.id

 

 

 

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Selama bulan Ramadan, penting untuk memperhatikan pola makan karena terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Bulan Ramadan merupakan periode di mana umat Muslim di seluruh dunia menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari, mengubah pola makan secara drastis dengan hanya makan selama sahur dan berbuka puasa.

 

Menahan lapar hingga belasan jam memerlukan perhatian khusus terhadap jenis makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa. Rahma Ali, seorang ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, menyatakan bahwa makanan yang dipilih harus menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama selama sahur.

 

Agar ibadah puasa dapat dilaksanakan tanpa risiko kesehatan yang merugikan, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa:

 

1.  Karbohidrat Sederhana atau Olahan

Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau olahan, seperti gula, tepung putih, mie, pasta, kue kering, donat, dan croissant. Jenis makanan ini hanya memberikan rasa kenyang sementara dan rendah nutrisi penting.

 

2.  Makanan yang terlalu Asin

Hindari makanan asin, seperti kacang asin, mie instan, acar, keripik, dan makanan dengan saus berlebihan, karena dapat mengganggu keseimbangan kadar natrium dalam tubuh dan memicu rasa haus yang lebih cepat.

 

3.  Minuman Berkafein

Gantilah minuman berkafein, seperti kopi, dengan air putih. Minuman berkafein dapat menyebabkan asam lambung naik, insomnia, dan membuat tubuh terasa tidak terhidrasi. Kafein juga memiliki efek diuretik, yang dapat menyebabkan gangguan tidur dan kelelahan.

 

Penting untuk memilih makanan yang memberikan nutrisi yang cukup, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan tidak mengganggu kesehatan selama bulan Ramadan.

 

4. Minuman Bersoda

 

Hindari minuman bersoda saat berbuka puasa dan sahur. Sebaiknya, gantilah dengan air biasa atau air kelapa untuk meredakan dahaga ketika berbuka puasa. Kandungan gula tinggi dalam minuman bersoda dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh, seperti peningkatan berat badan, kerusakan gigi, dan peningkatan risiko dehidrasi.

Minuman bersoda, seperti soda, cola, dan ginger ale, juga dapat memberikan rasa kenyang palsu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman ini baik saat sahur maupun berbuka puasa.

 

5. Makanan Tinggi Kandungan Gula

 

Makanan yang tinggi kandungan gulanya, seperti permen dan cokelat, sebaiknya dihindari saat berbuka puasa dan sahur. Konsumsi makanan ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat dan dapat menjadi sumber kompleksitas jika dikonsumsi secara rutin. Lebih baik menggantinya dengan buah-buahan favorit yang mengandung gula alami yang baik untuk tubuh.

 

6. Makanan yang Digoreng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: makanan sahur