Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Karawang Siapkan RPPJ yang Bakal Dipasang Disejumlah Jalur Arteri-Alternatif

Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Karawang Siapkan RPPJ yang Bakal Dipasang Disejumlah Jalur Arteri-Alternatif

Menjelang arus mudik Lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang menyiapkan Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan (RPPJ) yang akan dipasang di sejumlah jalur arteri dan alternatif.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Menjelang arus mudik Lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang menyiapkan Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan (RPPJ) yang akan dipasang di sejumlah jalur arteri dan alternatif.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Karawang, Ade Syafrudin, menyampaikan, pemasangan RPPJ di sejumlah titik tersebut bertujuan agar memudahkan para pemudik untuk mendapatkan jalur yang nyaman serta meminimalisir penumpukkan kendaraan.

"Kelengkapan RPPJ ini akan kami siapkan di sepanjang jalur Jalan Tanjungpura sampai Gamon, Cikalong, Kecamatan Jatisari. Selain itu, juga akan dipasang di Gate Tol Karawang Barat dan Karawang Timur," ujar Ade, Selasa, 26/3/2024.

Ia memaparkan, para pemudik yang berasal dari Jakarta dan Bekasi yang melintasi jalur arteri Tanjungpura, akan di arahkan ke Jalan Lingkar Luar Karawang hingga ke Klari dan berakhir di Jatisari, perbatasan dengan Kabupaten Subang.

BACA JUGA:Santri Yatim Piatu di Tasikmalaya Jatuh dari Lantai 3, Sempat Bengong

BACA JUGA:Gegara Curi 2 Dus Mi Instan, Warga Cimahi Dikeroyok dan Mayatnya Dibuang di Karawang

"Jalur arteri Tanjungpura itu berbatasan dengan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. Maka banyak, pemudik yang berasal dari Jakarta dan Bekasi yang melewati jalur arteri tersebut, untuk mengindari kepadatan kendaraan, akan diarahkan ke Jalan Lingkar Luar Karawang," jelas Ade.

Namun, kata dia, jika arus kendaraan di jalur utama atau jalan arteri penuh, maka pemudik akan diarahkan ke jalan alternatif, Johar-Cilamaya- Cikalong

"Apabila di jalur utama penuh, maka kita akan buka ruang di jalur alternatif, yaitu Johar-Cilamaya- Cikalong," tutur Ade.

Ia juga mengatakan, pihaknya bersama Dinas PUPR dan jajaran Kepolisian telah melakukan survei kelayakan jalan dan pendukungnya dari jalur arteri hingga ke jalur alternatif. 

"Kami sudah melakukan survey kelayakan jalan dan pendukungnya, baik dari Pemkab Karawang maupun dari pihak Provinsi dan Nasional. Baik untuk di jalur arteri maupun jalur alternatif," kata Ade.

BACA JUGA:Dinkop Karawang Perkuat Management Keuangan UMKM, Gelar Pelatihan Bersama Mitra Yayasan Sampoerna

BACA JUGA:UMKM Karawang Banjir Pesanan Selama Ramadhan, Bupati Bidik Omzet Capai Rp 6 Milyar

Ia menerangkan, Dishub Kabupaten Karawang akan menurunkan sebanyak 173 personil yang akan bertugas selama arus mudik lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: